Ratusan Anggota Polres Karanganyar “Serbu” Masjid, Gereja, Pura dan Vihara

Tribratanews.polri.go.id- Polres Karanganyar- Ratusan anggota Polres Karanganyar secara serentak   “serbu” beberapa tempat ibadah di Karanganyar, kali ini pasukan dari Polres Karanganyar tanpa dibekali senjata maupun peluru, kali ini mereka dibekali sapu lidi, sapu Ijul, kain pel, keranjang sampah, dan berbagai peralatan konve dan peralatan bersih-bersih. Ternyata ratusan anggota Polres Karanganyar  menyelenggarakan karya bakti  membersihkan beberapa tempat ibadah lintas agama di Kabupaten Karanganyar, Rabu (07/06/2017)

Sementara sasaran Karya Bhakti adalah adalah Masjid Agung Kabupaten Karanganyar, Gereja St Pius Karanganyar, Pura Pasekan Karangpandan dan Vihara Lawu Tawangmangu dengan membersihkan halaman, pagar, area tempat ibadah dan fasilitas umum di beberapa lokasi tersebut.

“Pagi ini Polres Karanganyar bersama Polsek jajarannya melakukan kegiatan Bhakti Bhayangkara Untuk Rumah Ibadah di Kabupaten Karanganyar dalam rangka tindak lanjut Pekan Pancasila” ungkap Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak, SIK, MSi

Dalam mengisi kegiatan positif selama bulan Ramadhan, serta sekaligus mengokohkan komitmen Polri sebagai tauladan serta salah satu penjuru penanaman nilai- nilai Pancasila kepada warga masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara, tentunya bersama-sama seluruh elemen dan komponen masyarakat yang ada.

“Melalui giat ini kita ingin kuatkan komitmen merawat kebhinekaan yg ada serta jaga keharmonisan antar anak bangsa tanpa memandang agama, suku, ras, dan antar golongan serta tetap konsisten untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI,” kata Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak, SIK, Msi

“Semua tempat ibadah kita bersihkan, baik itu masjid, gereja,  pura dan vihara anggota Polres Karanganyar bersama-sama membersihkan tempat-tempat ibadah tersebut,” kata Kapolres

Suasana kerukunan, kekeluargaan dan keharmonisan sangat terasa dalam kegiatan itu. Ratusan anggota Polres Karanganyar dalam kebersamaan dan kekeluargaan tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras dan antargolongan.

Selain untuk menyambut bulan suci Ramadhan, kegiatan ini juga dalam rangka menegaskan sinergitas Polres Karanganyar dengan umat  beragama, khususnya di Karanganyar. Melaui kegiatan ini, Polri menyampaikan pesan bahwa Polri dan masyarakat di daerah ini sangat menjunjung tinggi kerukunan, kebersamaan dan toleransi, sehingga situasi ini jangan sampai terpecah-belah oleh provokasi dari siapa dan pihak manapun.

“Mari kita bersama-sama memperkuat toleransi beragama, seperti dengan adanya kegiatan ini. Toleransi beragama di Karanganyar sudah terjalin sejak lama dan bagus, dan saya berpesan jangan terpancing provokasi,” kata Kapolres Karanganyar.

Menurut Romo Noor Sukarnosiwi, salah satu Pastur dari Gereja Santo Pius Karanganyar bahwa pihak Gereja Santo Pius mengucapkan terima kasih atas kepedulian pihak Polres Karanganyar sehingga kegiatan ini. ” Apresiasi yang tinggi kepada Kapolres Karanganyar dan anggota yang telah mempunyai kepedulian terhadap gereja St Pius, semoga kegiatan ini berlanjut di waktu yang akan datang. Intinya terima kasih dan penghargaan yang tinggi untuk jajaran Polres Karanganyar ” ungkap Romo Noor Sukarnosiwi.
Hal senada juga diungkapkan Ketua Pimpinan Cabang DMI Karanganyar, H Abdul Mu’id saat ditemui di Halaman Masjid Agung Karanganyar. ” Inilah wujud kepedulian Polres Karanganyar dalam upaya mengamankan warga Karanganyar. Dengan cara ini, masyarakat Karanganyar merasa diayomi ” kata H Abdul Mu’id.

Sementara Rohaniawan Pura Pasekan Karangpandan Jro Mangku Pasek sangat senang dengan kegiatan hari ini. “Ini sangat membanggakan bagi umat Hindu di Karanganyar, karena bapak Kapolres Karanganyar dan anggota sudi ikut menjaga kebersihan pura kami” ujar Jro Mangku Pasek di depan para wartawan.

Di Vihara Lawu Tawangmangu rombongan Polres Karanganyar diterima oleh pengelola Vihara Lawu Sularso. Pengelola sangat berterima kasih kepada Polres Karanganyar yang ikut berpartisipasi dalam kebersihan dan keamanan Vihara.

“Hampir setiap hari petugas Polsek Tawangmangu datang ke Vihara Lawu ini untuk patroli, namun hari ini kami berterima kasih kepada Polres Karanganyar yang menurunkan hampir 50 personil untuk karya bhakti di sini” ungkap Sularso.

Penulis: Iswanez
Editor: Umi Fadilah
Publish: Iswanez

0 Comments

  • JokoWAB Reply

    June 8, 2017 at 08:59

    LUAR BIASAAAA POLRES KARANGANYAR MEMANG BEDA…JOSSSS TENANNNN

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password