Jinakkan Ganasnya Api Karhutla, Bhabinkamtibmas Cukup Dengan Himbauan

Tribratanews.polri.go.id Polda Kalbar.Polres Sambas-Merujuk pada tahun-tahun sebelumnya kebakaran hutan dan lahan masih menjadi prioritas utama presiden untuk menangkal bencana alam. Kebakaran hutan menurut pemerintah dikutip dari pemberitaan di salah satu stasiun televisi swasta Indonesia kebakaran hutan sangat mendominasi dlm pembukaan lahan perkebunan yg merupakan faktor kesengajaan umat manusia. Pembakaran hutan untuk pembukaan lahan baru perkebunan merupakan penyebab bencana alam yang dapat mengakibatkan aktifitas masyarakat lumpuh. Dapat kita saksikan dampak karhutla seperti polusi udara ( asap ), lumpuhnya penerbangan dan gangguan pernapasan ( ispa ). Untuk itu pemerintah menjadikan bencana alam seperti kebakaran hutan ini sebagai prioritas utama.

Berdasarkan amanat presiden bapak Joko Widodo, Kepala Kepolisian Republik Indonesia memerintahkan kepada awak Bhabinkamtibmas di setiap Desa membentuk pleton penanggulangan karhutla bersama 3 pilar. Pembentukan pleton karhutla adalah persiapan untuk actionnya saja namun untuk hal yang lebih efektif adalah sosialisasi dan himbauan kamtibmas.

Bhabinkamtibmas Desa Parit Baru Kec. Selakau Brigpol Rio Castella, S.H contohnya, tak henti-hentinya menyambangi masyarakat binaannya sekaligus memberikan himbauan untuk tidak membakar hutan dan lahan perkebunan. Himbauannya ” jangan membakar lahan kebun karena dengan alasan apapun dapat dikenakan sanksi pidana. Semoga himbauan ini dapat menjinakkan ganasnya api pembakar hutan dan lahan di Desa Binaan saya ucap Rio pada Pnc News Selakau.

Salah satu masyarakat bertanya kepada petugas, bagaimana caranya kami membuka lahan kebun serta membersihkan kebun yang sudah di buka ? biasanya tetap kami bakar ucap salah satu warga. Namun dengan tegas Bhabinkamtibmas sampaikan tidak diperbolehlan untuk bakar membakar hutan dan kebun, teknisnya dahan dan sampah daun dapat di biarkan membusuk dan daun yg busur tsb bisa menjadi pupuk itulah solusi yang terbaik dari pada terkena sanksi pidana ucap Rio kembali.

Kapolsek Selakau Iptu Ronald Deny Napitupulu,S.H.,M.H. Tdk bosan2nya memerintahkan anggota Bhabinkamtibmas untuk cepat dan tanggap apabila mendapat informasi sekecil apa pun mengenai kebakaran hutan dan kebun di masyarakat. Jika ada cari pemilik lahan serta yg melakukan pembakaran tutur ronald.
Ada beberapa titik yg sering menimbulkan api hingga mengakibatkan kebakaran hutan yaitu
Dusun Polaria Desa Sei Rusa dan bukit Dusun Sekunang Desa Sei Nyirih kedua desa ini termasuk wilayah Kecamatan Selakau.
Untuk Kecamatan Selakau Timur bencana alam kebakaran hutan sering ada di Desa Selakau Tua dan Desa Buduk Sempadang. Kita sudah memetakan titik-titik api yang pernah timbul beberapa tahun belakangan ini, kita kedepankan Bhabinkamtibmas dengan pleton karhutlanya apabila emergensi akan kita tanggulangi bersama unsur terkait san masyarakat tutur Ronald kembali.

Penulis. :Rio
Editor. :Umi Fadhilah/Sugeng Hs
Publish :Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password