Siang ini di Pondok Pesantren Az Zuhada’

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Sejak awal menjabat sebagai Kapolres Trenggalek medio Desember 2016 yang lalu, hal pertama yang dilakukan oleh AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si adalah sowan kepada para ulama dan tokoh agama di Kabupaten Trenggalek. Sedemikian sentralnya peran seorang tokoh agama dalam kaitannya menjaga Kamtibmas kondusif sehingga menjadikannya sebagai rujukan awal dalam bekerja.

“Kita butuh saran dan masukan dari para tokoh masyarakat dan alim ulama. Dan beliau yang tahu persis kondisi masyarakat yang sebenarnya” ujar AKBP Donny kala itu.

Ditiap kunjungannya ke Polsek jajaran, AKBP Donny selalu menyempatkan diri sowan ke beberapa tokoh masyarakat maupun tokoh agama sekaligus menyerap aspirasi dan berdiskusi tentang kondisi Kamtibmas di wilayah tersebut.

Seperti yang dilakukan AKBP Donny saat anjangsana anggota sakit yang berdomisili di Kecamatan Tugu. Ia pun masih meluangkan waktu sejenak sowan kepada KH. Ahmad Khusairi pengasuh pondok pesantren Az zuhada’ di Desa Gondang Kecamatan Tugu.

Suasana khas pondok pesantren Jawa Timuran kental terasa sejak pertama kali memasuki area pondok. Santri berbusana rapi lengkap dengan sarung dan kopyah warna hitam, ditambah alunan bacaan ayat suci Al-Qur`an menciptakan kedamaian hati siapapun yang mendengarnya.

Dalam kesempatan tersebut, AKBP Donny menyampaikan terima kasih kepada KH. Ahmad Khusairi  atas perannya membantu menciptakan kamtibmas kondusif serta meminta saran dan masukan agar kedepan Polri menjadi lebih baik dalam melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, KH. Ahmad Khusairi menuturkan, dirinya bersama santri senantiasa berkoordinasi dengan Polsek Tugu selaku pemangku wilayah. Demikian pula sebaliknya, jajaran Polsek Tugu kerap membantu Ponpes saat ada kegiatan seperti pengajian, istighosah dan lain-lain. KH. Ahmad Khusairi sangat mengapresiasi langkah dan upaya jajaran Polres Trenggalek khususnya atas komunikasi yang telah terbangun dengan tokoh agama dan ulama selama ini.

Sebelum berpamitan, tak lupa Kapolres Trenggalek menyerahkan tali asih kepada KH. Ahmad Khusairi yang bisa dimanfaatkan untuk sekedar membantu kegiatan keagamaan di pondok pesantren Az zuhada’.

Penulis : Ady

Editor : Umi Fadilah

Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password