Polres Jember Tutup Pabrik Mie Berbahan Kimia

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jawa Timur, Polres Jember ungkap produksi mie jenis sohun yang bahan bakunya diduga campuran kaporit, adalah bahan kimia yang cukup membahayakan bagi kesehatan manusia.

Pengungkapan kasus tersebut disampaikan Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo SH SIK MH saat menggelar press release di Dusun Rowo, Desa Rowo Indah,  Kecamatan Ajung, Jember, Senin (5/6/2017) sore.

Menurut Kapolres,  sesuai dengan Undang-Undang Pangan, pasal 136 UU Nomor 18 Th 2012, bahwa dilarang keras mencampur  bahan kimia yang  membahayakan kesehatan manusia, dalam pembuatan  makanan. “Dan untuk sementara, pabriknya kita tutup,” pungkasnya.

Kapolres menambahkan, pabrik yang terletak di Dusun Rowo, Desa Rowo Indah,  Kecamatan Ajung, Jember, itu sudah beroperasi sekitar setengah tahun yang lalu. Sedangkan pemasarannya masih dalam wilayah Jember.

Untuk sementara pemilik pabrik Effendi Sutrisno (70) Warga  Jalan Diponegoro,  Lingkungan Kauman,  Kelurahan Kepatihan,  Kecamatan Kaliwates, Jember, masih diperiksa saja. Adapun barang bukti yang berhasil  disita adalah  2000  mie jenis “SOHUN”, 10  Ember bahan kimia berupa Kaporit sebanyak 150 kilogram.

“Kami akan melakukan pemeriksaan pada yang bersangkutan (pemilik), saksi-saksi, kemudian dari ahli dinas kesehatan dan apabila diperlukan kita uji di laboratorium forensik terkait dengan makanan-makanan yang ada,” ujarnya.

Penulis : Ella

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Sholeh Hs

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password