Kapolda Dan Kepala Bank Indonesia Gorontalo Sepakat Tingkatkan Kerjasama Guna Terciptanya Stabilitas Ekonomi Masyarakat Di Gorontalo

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Kesepakatan ini disampaikan pasca mengikuti video conference (vicon) bersama Kapolri dan Gubernur BI yang diikuti oleh seluruh Pejabat Utama Mabes Polri, Para Deputi BI, seluruh Kapolda, seluruh Kepala BI se-Indonesia, para Pejabat Utama tingkat Polda dan seluruh Kapolres se-Indonesia yang dilaksanakan pada Senin 6/6/2017 pukul 14.00 wita.

Dalam penyampaian Kapolri melalui Vicon, Polri dan BI sepakat untuk membahas beberapa hal mengenai penegakkan hukum dalam pengelolaan uang rupiah, sistem pembayaran money changer illegal, antispasi serangan cyber/cyber threat, serta pengendalian inflasi.

Pengelolaan uang rupiah dilaksanakan melalui peningkatan pengungkapan/penumpasan peredaran uang palsu, yang mana tidak hanya menangkap pengedarnya saja akan tetapi pembuat dan pemodalnya agar bisa diungkap.

Pada tahun 2016, Polri berhasil mengungkap 111 kasus uang palsu dan melaksanakan proses hukum terhadap distributor, pembuat dan pemodal uang palsu dimana keberhasilan tersebut sangat diapresiasi oleh Gubernur BI sehingga personel Polri yang berprestasi tersebut diberikan penghargaan oleh Gubernur BI sebelum pelaksanaan Vicon.

Selanjutnya Kapolri menekankan, untuk menjadikan uang rupiah yang berkedaulatan artinya uang rupiah menjadi satu-satunya alat pembayaran di wilayah NKRI, oleh karenanya perlu ditingkatkan upaya penegakkan hukum dengan dukungan BI dalam hal penyediaan keterangan ahli dalam setiap proses hukum.

Kapolri juga memerintahkan adanya intensifikasi dalam penanggulangan dan pemberantasan tindak pidana terkait alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu (APMK) yaitu kartu ATM, kartu debit dan kartu kredit. Selain itu, penegakan hukum terhadap pelanggaran di bidang sistem pembayaran lainnya terus diperkuat secara berkesinambungan, seperti pada penyelenggara Kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing Bukan Bank (KUPVA BB) tidak berizin, Penyelenggara Transfer Dana (PTD) ilegal, serta pemalsuan cek/bilyet giro.

Polri menurut Kapolri harus membantu BI dalam pengamanan baik pengamanan fisik bangunan, maupun pengamanan dalam kegiatan ditribusi barang berharga maupun antisipasi ancaman cyber.Selanjutnya dalam hal pengendalian inflasi dilaksanakan dengan mengefektifkan satgas pangan, sehingga diharapkan harga pangan menjadi stabil.

Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Drs Rachmad Fudail M.H mengatakan,” Saya bersama Kepala BI Gorontalo Bapak Suryono sepakat menindaklanjuti hasil vicon bersama Kapolri dan Gubernur BI dengan meningkatkan kerja sama guna terciptanya stabilitas ekonomi masyarakat di Gorontalo, baik itu melalui pengungkapan peredaran uang palsu, pengendalian inflasi juga dalam hal pengamanan BI baik penagaman fisik maupun kegiatan distribusi, dan Kami akan terus tukar menukar informasi, berkoordinasi serta bersama-sama melaksanakan kegiatan sosialisasi maupun dalam penegakkan hukum,”jelas Kapolda.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala BI Gorontalo bapak Suryono, bahwa selama ini Polri dalam hal ini Polda Gorontalo telah banyak membantu BI dalam mengungkap peredaran uang palsu dan selama ini sudah terjalin hubungan yang cukup harmonis antara Polda Gorontalo dengan BI Gorontalo yang sering melaksanakan kegiatan sosialisasi bersama serta dukungan sebagai saksi ahli,”jelas Suryono. Tentunya kerjasama ini akan terus ditingkatkan khususnya dalam pengendalian pangan melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID). Pengendalian inflasi menjadi semakin relevan menjelang Idul Fitri, yang biasanya ditandai dengan lonjakan harga,imbuh Suryono.

Pada kesempatan yang sama Kabid Humas AKBP Wahyu Tri Cahyono,SIK menjelaskan bahwa telah dilaksanakan Vicon yang dipimpin langsung oleh Kapolri dan Gubernur BI, yang diikuti oleh seluruh Kapolda, Kapolres dan Kepala BI se- Indonesia. “Intinya antara Polri dan BI akan meningkatkan kerjasama dalam penegakkan hukum dalam pengelolaan uang rupiah, penegakkan hukum dalam kelola sistem pembayaran, penanggulangan money changer illegal, kartu illegal, pemalsuan check dan bilyet giro, pengamanan BI serta pengendalian inflasi”, Terang Wahyu.

“Kapolda dan Kepala BI Gorontalo telah sepakat meningkatkan kerjasama dalam menciptakan stabilitas ekonomi masyarakat di Gorontalo,”imbuh Wahyu.

s

Penulis         : Wahyu Tri Cahyono

Editor           : Umi Fadilah

Publish         : Fandi

Admin Polri54150 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password