Guru Besar UI Prof. Guritno Suryo Sosialisasikan Hyperbaric Chamber di Polda Sulut

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Bidang Dokkes Polda Sulut bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menggelar sosialisasi pemanfaatan alat hyperbaric chamber kepada personil Polda Sulut, yang dilaksanakan di aula Catur Prasetya, Polda Sulut, Selasa (6/6/2017).

Sosialisasi diberikan langsung oleh Guru Besar Fakultas Kedokteran UI, Prof Dr. M. Guritno Suryo Kusumo, yang juga Ahli Hyperbaric Chamber terapi oksigen di Indonesia. Mantan Perwira Tinggi di Angkatan Laut, yang pernah menjabat Komandan Sekolah Pasukan Khusus AL ini, memaparkan tentang bagaimana teknik dalam penyelaman dan penggunaan alat hyperbaric chamber.

Kapolda Sulut saat membuka sosialisasi mengatakan, kegiatan ini sangat baik dilaksanakan, mengingat wilayah Sulawesi Utara terdiri dari banyak kepulauan dan lautan, dan memiliki ikon wisata mendunia yaitu Taman Laut Bunaken yang menawarkan wisata bawah laut seperti diving dan snorkeling. Sehingga alat ini sangat baik digunakan oleh para penyelam.

sosialisasi hiperbaric

Risiko terbesar yang dapat dialami para penyelam adalah penyakit dekompresi. Untuk mengatasi penyakit ini dipergunakan metode pengobatan terapi oksigen hiperbarik (TOHB) dimana pasien diberikan pernafasan dengan oksigen murni (100%) pada kondisi tekanan udara lebih besar daripada tekanan udara atmosfer normal, dan proses ini dilaksanakan dalam suatu Ruang Udara Bertekanan Tinggi (hyperbaric chamber).

Namun seiring perkembangan waktu, alat ini juga bisa dipergunakan untuk mengatasi penyalit klinis lain, seperti diabetes, jantung koroner dan lain-lain.

Kapolda juga menyebutkan bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan berkala personil Polda Sulut tahun 2016, terdapat 5 penyakit menonjol yang dialami anggotanya, yaitu obesitas, hipertensi, diabetes mellitus, profil lemak dan fungsi liver.

hiperbaric 2

Jadi disarankan oleh Kapolda, bagi personil yang memiliki riwayat penyakit seperti itu, agar silahkan mencoba menggunakan alat tersebut

“Kegiatan ini sesuai dengan salah satu Program Promoter Kapolri yaitu peningkatan kesejahteraan personil Polri. Saya berharap personil Polri dapat memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya demi terciptanya kondisi yang sehat sejahtera,” ujar Kapolda.

Sosialisasi ini dihadiri oleh Wakapolda Sulut Brigjen Pol Drs. Refdi Andri, MSi, para pejabat utama Polda, dan ratusan personil Polda Sulut.

Penulis: Supri
Editor: Rony/Sulut
Publish: Supri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password