Kapolda Jateng Survey Jalan Tol Fungsional Batang-Semarang

Tribratanews.polri.go.id – Kapolda Jawa Tengah jateng Irjen Pol Drs.Condro Kirono, M.M., M.Hum melaksanakan survey jalan tol fungsional Batang-Semarang memastikan bisa digunakan bagi para pemudik lebaran 2017. Kedatangan Kapolda beserta rombongan disambut kapolres Batang dan Kapolres Kendal di exit tol Gringsing, Senin (5/6).

“Ya alhamdulilah, dimana satu bulan yang lalu saya juga sudah pernah melakukan survey di daerah sini tapi cepat sekali dalam pengerjaan jalan tol ini, dan memang di target oleh Pemerintah Pusat H -10 bisa fungsional sampai Gringsing dan kalau fungsional sampai gringsing akan membantu untuk mengurangi kemacetan dari Kota Pekalongan dimana setiap 10 menit ada palang pintu perlintasan kereta api sehingga sangat terbantu.” Jelas Kapolda Jateng kepada awak media.

kapolda jateng 2

Hari ini, H -10 kalau dihitung dari sekarang kurang lebih 11 hari lagi, sebenarnya sudah terpasang jembatan bailay namun dari pengelola ingin menambah satu jembatan bailay lagi dengan maksud nantinya pada H-10 agar dapat dilalui oleh dua kendaraan dan untuk pengerjaan jembatan yang kurang yaitu kali urang dan kali boyo.

“Untuk saat ini jembatan dapat di gunakan sementara satu lajur saja, akan tetapi diupayakan untuk dapat digunakan dua lajur. dan Polri akan mengamankan jalur sekitar kurang lebih 110 km dari Brexit Brebes sampai dengan wilayah Kec. Gringsing Kab. Batang ini,” terang Kapolda.

Bahwa untuk jalur fungsional mulai jam 05.00 WIB dan pada jam 17.00 WIB tidak difungsikan karena belum ada fasilitas penerangan yang memadai dan masih puasa, yang mana belum terdapat rumah makan ataupun/ warung makan untuk berbuka puasa serta untuk penerangan dari pihak PT. Waskita akan dipasang lampu tolo-tolo yang berjarak sekitar 25 m dari pemasangannya, dimana bisa untuk membantu tanda-tanda di malam harinya.

“Kami berharap para pemudik untuk memperhatikan kecepatan di jalur fungsional jalan tol dimaksud sekitar 40 s.d. 60 km/jam dan untuk debu-debu juga nantinya akan dibersihkan serta disemprot dan nantinya akan dilakukan uji coba sebelum H-10 dari pihak Kementerian PU, Perhubungan Darat, Mabes Polri, Polda Jateng, Jasa Raharja, dsb dan Polri akan membangun alat komunikasi dari Tol Pejagan, Brexit s.d. Gringsing Kab. Batang,” tutur Kapolda.

Kapolda menjelaskan, H -7 s/d H +7 jalur fungsional jalan tol dapat dilalui secara timbal balik satu arah, dimana arus mudik dari arah Barat dan arus Balik dari arah Timur serta kita pun akan lihat situasinya dan jika pada jam 5 sore (persiapan waktu berbuka puasa) maka akan kita keluarkan dari tol karena akan melakukan buka puasa serta untuk jumlah kuat personel pengamanan di jalan tol dimaksud sekitar kurang lebih 1.105 personel dari Kab. Brebes s.d. Kec. Gringsing Kab. Batang dan Kendal.

“Untuk pengamanan baik siang dan malam akan ada petugas Polri serta nantinya juga akan ada Pos Kesehatan dan disiapkan kendaraan untuk mobiling jika terdapat laka lantas dan untuk BBM tidak ada masalah dikarenakan pihak Pertamina akan menyiapkan BBM selain di SPBU juga ada eceran kemasan untuk jalur tol dan untuk Kbm truck tidak dapat melintas pada H-7 kecuali sembako dan ataupun/ Kbm mengangkut BBM,” tutur Kapolda.

Kedepan akan kita gunakan satu jalur untuk rest area sementara, tapi jika buka puasa kita arahkan untuk keluar tol dan nantinya akan ada juga rekayasa arus lalin antara Brexit tol berdekatan dengan Mall Tegal kita akan antisipasi di Panturanya.

Kapolda menambahkan, akan di pasang cctv di beverapa titik dan mendirikan pos pos pengamanan, baik dari TNI/Polri, kesehatan dibantu orari dan adik adik pramuka.

“Harapannya pemudik yang melintas di jalur pantura aman, nyaman, lancar dan tidak ada sesuatu yang tidak kita inginkan. Sebab, disepanjang jalan juga telah disiapkan beberapa titik pos pengamanan dan pelayanan,” imbuhnya.

Lepas dari Batang, Kapolda Jateng Irjen Pol. Condro Kirono didampingi sejumlah staf dengan mengendarai helicopter menuju ke Brebes dengan tujuan sama memantau kesiapan jalur tol di sepanjang wilayah pantura.

 

Penulis : Jony

Editor : Wagiman

Publish : Anjar

Admin Polri54135 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password