Balap Liar Usai Sahur, Polresta Kediri Amankan Belasan Pemuda dan Motor

Tribratanews.polri.go.id – Polresta Kediri – Hendak balap liar, belasan pemuda beserta motornya diamankan petugas Polsek Grogol Polresta Kediri, kemarin (2/6) sekitar pukul 05.00 WIB. Pengamanan dilakukan di jalan persawahan Dusun Kalongan, Desa Sumberejo, Kecamatan Grogol.

“Sebelumnya, kami mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa di daerah tersebut sering ada aktivitas balap liar yang dilakukan remaja-remaja di bawah umur,” terang Kapolsek Grogol Polresta Kediri  AKP Budi Narianto melalui Kasihumas Polsek Grogol Aiptu Sri Subiyarti.

Menurut Sri, setiap Ramadan selalu saja ada kegiatan balap liar. Masyarakat juga mengeluhkan kegiatan mereka yang terkesan membuat bising. Tak hanya itu, banyak pengguna jalan yang harus menghindari jalan tersebut agar selamat. Sebab, para pembalap amatir itu menggunakannya untuk beradu kecepatan.

Maka dari itu, sebanyak 12 petugas dari Polsek Grogol yang langsung dipimpin oleh Kapolsek Grogol AKP Budi Narianto melakukan pengepungan. “Saat mereka datang, kami para petugas bersiap menutup jalan di Barat maupun Timur jalan,” tambah Sri.

Para pembalap yang sudah bersiap melakukan balap liar di jalan tersebut pun kaget akan adanya petugas yang mengepung. Mereka langsung berbondong-bondong pergi mengarah ke gang kecil di utara jalan. Namun sayang seribu sayang, di gang kecil itu sudah siap petugas berbaju preman.

Akhirnya, mau tak mau mereka harus pasrah diamankan petugas. “Ada 18 pembalap dan 10 sepeda motor yang kami amankan,” ungkap Sri. Ketika dilakukan pemeriksaan ternyata semuanya masih di bawah umur. Sebagian pelajar namun ada juga yang sudah tak bersekolah namun masih di bawah usia 17 tahun.

Dari hasil pemeriksaan, tidak ditemukan senjata tajam, minuman keras (miras), ataupun obat-obatan terlarang pada para pelaku. Namun begitu mereka semua masih belum memiliki surat izin mengemudi (SIM). Karena itu, mereka dikenakan hukuman tilang, kesepuluh sepeda motor pun harus tertahan di Mako Polsek Grogol.

Selain motor ditilang, para pembalap liar di bawah umur ini mendapat pengarahan langsung dari kapolsek agar tak lagi melakukan balap liar. Untuk kelanjutannya Sri mengatakan jika pembalap dan orang tua akan dipanggil bersama untuk pengarahan. “Rencananya besok (hari ini) para pelaku dan orang tuanya kita panggil untuk diberi pengarahan, sementara itu sepeda motor masih kita tahan,” pungkas Sri.

 

POLRESTA KEDIRI

Penulis             : Didik

Editor              : UMI FADILAH

Publish            : Yuli,Didik

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password