Orang Tua Dikumpulkan Polisi Setelah Anak Terjaring Balap Liar

Tribratanews.polri.go.id – Polresta Kediri – Puluhan warga Desa Sumberejo, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri sama-sama mendatangi Mapolsek setempat. Kedatangan mereka bukan untuk berunjuk rasa ataupun melapor, tetapi memenuhi panggilan polisi.

Para orang tua ini dipanggil ke Polsek Grogol lantaran anak-anaknya terjaring razia balapan sepeda motor liar. Mereka harus bertanggung jawab secara moral atas ulah anaknya masing-masing.

Kapolsek Grogol Polresta Kediri AKP Budi Nariyanto mengatakan, para orang tua dipanggil untuk diberikan pengarahan. “Dalam arahan yang kita berikan agar orang tua memahami tanggung jawab sebagai orang tua. Siapa pun bisa membeli motor asal mau berusaha, namun pengawasan kepada anak yang dibelikan motor harus dipertanggunggungjawabkan,” jelas AKP Budi Nariyanto, Minggu (4/6/2017).

Apa yang sedang dialami para warga ini seperti peribahasa Jawa. ‘Anak Polah, Bopo Kepradah’. Artinya, anak yang berulah, maka orang tua ikut bertanggung jawab.

Pengarahan yang dilakukan oleh mantan Kasubag Humas Polresta Kediri ini untuk memberikan pemahaman kepada orang tua atau wali anak tentang bahaya balapan liar. Anak anak merekar terjaring dalam razia balap liar di jalan persawahan Desa Sumberejo, pada hari Jum’at (2/6/2017).

Kapolsek Grogol mengimbau agar para orang tua mengawasi anaknya agar kejadian serupa tidak terulang. Dia juga berpesan supaya anak anak maupun warga lainnya tidak melakukan balapan liar, selain berbahaya bagi dirinya sendiri, juga membahayakan orang lain.

Apabila di kesempatan lain polisi masih menemukan adanya balapan liar, maka petugas akan melakukan tindakan tegas. Terlebih pelaku balap liar dari kalangan anak-anak yang belum diperbolehkan mengendarai sepeda motor, karena belum cukup umur dan tidak memiliki SIM.

POLRESTA KEDIRI

Penulis             : Didik

Editor              : UMI FADILAH

Publish            : Yuli,Didik

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password