Operasi Pekat Semeru, Polrestabes Surabaya Ungkap 136 Kasus Libatkan 156 Tersangka

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jawa Timur, Operasi Penyakit Masyarakat (Pekat) Semeru 2017 pada bulan Ramadhan, Polrestabes Surabaya berhasil mengungkap 156 pelaku kejahatan dari 136 kasus kejahatan jalanan, perjudian, premanisme, protitusi, pornografi, minuman keras (miras) dan bahan peledak atau petasan.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Mohammad Iqbal menyampaikan apresiasinya kepada Kasat Reskrim, AKBP Shinto Silitonga dan jajarannya. Iqbal menjelaskan, operasi yang dilakukan mulai 23 Mei hingga 3 Juni 2017, kasus kejahatan jalanan menjadi kasus yang terbanyak diungkap, yaitu 75 perkara dengan 73 tersangka.

5 juni 2017 (3)

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya menambahkan dengan mengamankan 156 tersangka dari 75 perkara, setidaknya angka kejahatan di Surabaya mulai menurun meskipun secara kualitas masih meresahkan.

 “Fokus kami masih pada kejahatan jalanan. Meskipun secara umum menurun. Tapi beberapa kasus, masih cukup mengkhawatirkan. Beberapa korban dilukai bahkan meninggal dunia,” Ujar Kombes Pol Iqbal, Minggu (04/06/2017).

Dalam operasi pekat tersebut, sejumlah barang bukti juga berhasil diamankan. Untuk kasus kejahatan jalanan, berhasil mengamankan 4 unit kendaraan roda 4 (mobil) dan 33 unit kendaraan roda 2 (motor), 3 senjata tajam dan lain lain. Sedangkan dari perkara premanisme, diamankan sepucuk airgun model FN Makarov yang digunakan pelaku untuk mengancam korbannya.

Namun, kata perwira tiga melati dipundaknya ini menuturkan, adanya modus tersebut masyarakat khususnya kota Surabaya tidak perlu resah. Sebab tim anti bandit serta jajaran, terus berupaya keras dalam kasus ini.

“Dari tersangka curanmor dengan modus tersebut, sudah diamankan dan masih dikembangkan untuk mengungkap secara tuntas hingga ke akar-akarnya,” papar Iqbal usai ungkap kasus operasi pekat semeru 2017 di halaman Polrestabes Surabaya.

Kombespol M Iqbal dan AKBP Shinto Silitonga dalam kesempatan tersebut juga langsung mengembalikan 4 kendaraan bermotor berupa 1 unit mobil L300 jenis box dan 3 unit motor yang sebelumnya dicuri para pelaku kepada pemiliknya.

5 juni 2017 (2)

Penulis : Ella

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Sholeh Hs

Admin Polri56599 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password