Dibulan Ramadhan Patroli Balap Liar Gencar Dilakukan Satlantas Polres Lotim

ILUSTRASI BALAP LIAR
ILUSTRASI BALAP LIAR

Tribratanews.polri.go.id – Patroli guna antisipasi Balapan liar gencar dilakukan Satuan Lalulintas Polres Lombok Timur,  hal demikian itu dilakukan Mengingat, aksi balap liar ini sangat berbahaya bagi pengendaranya hingga masyarakat yang menggunakan jalan raya.

“Terlebih ini menganggu masyarakat yang sedang menjalankan Ibadah Puasa. Karena saat balap mereka ini menggunakan knalpot yang suaranya mengganggu,” kata ruben kepada tribratanews (2/6).

Sejumlah  tempat yang kerap menjadi lokasi balap liar diantaranya Masbagik, Lenek dan Korleko. Selain itu ada juga aksi balap liar dari laporan Polsek terjadi di wilayah Jerowaru. Balap liar ini dilakukan di sejumlah jalan yang baru saja selesai dibangun. Biasanya, aksi balap liar ini berlangsung menjelang berbuka puasa dan tengah malam.“Ada yang tengah malam itu di Masbagik, Kami turun pantau lalu kami amankan sekitar lima motor,” tuturnya.

Kapolres Lombok Timur AKBP Wingky Adhityo Kusumo S.I.K.,MH, melalui Kasubbag Humas Polres Lombok Timur Iptu Imade Tista menghimbau kepada Masyarakat khususnya bagi para Pemuda yang kerap lakukan Balap liar, Balap Sepeda Motor itu tidak dilarang karena itu merupakan Hak preogatif masing-masing orang, asalkan ditempat yang resmi seperti di Sirkuit, Motor tersebut terpaksa diamankan oleh satuan Lalulintas Polres Lotim karena dirasa cukup mengganggu Masyarakat, terlebih lagi saat ini Masyarakat kita sedang melaksanakan Ibadah Puasa. “jelasnya”

Lebih lanjut Tista menerangkan Balap Liar yang kerap dilakukan oleh mayoritas remaja tersebut dihawatirkan membahayakan keselamatan dirinya maupun pengguna jalan lain karena route yang digunakan tersebut yakni Jalan Raya yang Notabenenya digunakan oleh Masyarakat menjalankan rutinitas ke lokasi tujuannya.

Sementara itu Kasat Lantas Polres Lotim mengungkapkan “Jika kedapatan sedang melakukan aksi balap liar, Sepeda Motor yang digunakan pada saat balap liar akan kami amankan kendaraannya ke Polres Lotim. Mereka yang mau mengambil kendaraan tersebut harus menunjukkan surat-surat dan  mengganti seluruh bagian kendaraan yang tidak sesuai standar. Ini diharapkan bisa memberikan efek jera.

Dampak yang dikhawatirkan ditimbulkan akibat adanya aksi balap liar ini diantaranya yakni lakalantas yang menyebabkan luka berat atau meninggal dunia. Selain itu aksi ini juga mengganggu pengguna jalan lainnya. Untuk mencegah adanya aksi balap liar ini, Aksi Balap liar ini Akan terus kami Galakkan Selama Bulan Suci Ramadhan guna menekan terjadinya Balap liar di beberapa Lokasi.”tutupnya”.

 

Penulis  : Syarif

Editor   : Umi Fadillah

Publish : Syarif

Komentar

Admin Polri54172 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password