Terekam CCTV Saat Mencuri Emas Didalam Mesjid, Pelarian Bota Berakhir Dipinggir Kanal

Tribratanews.polri.go.id – Makassar Sulsel, Resmob Polsek Panakkukang meringkus pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) di jalan Pettarani Makassar, Sabtu (03/06/17).

Pelaku lelaki inisial JE alias Bota (34) warga Kab. Gowa diringkus anggota resmob Polsek Panakkukang yang dipimpin panit reskrim Iptu Haryanto Rahman.

Berawal dari informasi di lapangan bahwa terduga pelaku curat yang beraksi di jalan Pettarani Makassar tepatnya didalam Masjid Lanthja Abd. Massi dimana  berhasil mencuri  emas berupa gelang seberat 5 gram, 1 buah HP merk Samsung Galaxy J5 dan 1 buah HP merk Blackberry Gemini sedang berada di jalan Bete -bete Makassar.

Sehingga anggota resmob pun bergerak dan berhasil meringkus pelaku yang sedang duduk di pinggir kanal. “Pelaku di ketahui identitasnya lewat rekaman CCTV yang terpasang di dalam Masjid”, Ujar Kasubbag Humas Polrestabes Makassar.

Dari hasil introgasi pelaku membenarkan telah melakukan pencurian di dalam Masjid Lanthja Abd. Massi  jalan Pettarani dan telah  melakukan beberapa pencurian di berbagai lokasi di wilayah hukum Polrestabes Makassar.

Setelah dilakukan pengembangan untuk penunjukan beberapa TKP  pada saat di perjalanan pelaku mendorong salah satu petugas dan melakukan perlawanan sehingga anggota memberikan tembakan peringatan ke udara tetapi tidak di hiraukan sehingga anggota resmob melumpuhkan pelaku di bagian betis sebelah kanan, kemudian anggota membawa ke RS. Bhayangkara untuk mendapat perawatan medis.

Selanjutnya pelaku bersama barang bukti 1 buah HP Blackberry Gemini warna putih di bawah ke Polsek Panakkukang guna penyidikan lebih lanjut.

Keberadaan kamera pengintai atau CCTV (Closed Circuit Televison) sangat berguna sebagai fungsi pengamanan (security) di sekitar kantor atau rumah. Pemasangan CCTV, minimal dapat mengurangi niat jahat yang akan dilakukan oleh seseorang, atau dengan adanya CCTV, pelaku kejahatan dapat langsung diketahui dari rekaman gambar video yang tersimpan didalam CCTV tersebut.

Pemasangan CCTV ini adalah penggunaan kamera video untuk mentransmisikan signal video ke tempat spesifik, dalam beberapa set monitor. Kamera CCTV berfungsi untuk keperluan pengawasan keamanan (security surveillance system) untuk antisipasi tindak kejahatan kriminal (crime action), pencurian, perampokan, dan banyak hal lainnya sehubungan dengan tindak kejahatan dan kegiatan yang tidak diinginkan.

Dengan adanya bukti rekaman bisa menjadi salah satu alat yang dapat mengungkap aksi kejahatan yang terjadi.

Dengan maraknya tindak kejahatan berupa pencurian yang terjadi tidak hanya di sekitar pemukiman warga, tetapi juga kantor pemerintahan seperti kantor desa atau kantor camat, kantor pemerintah daerah, kantor perusahaan, sekolah, dan lainnya. Maka, dengan adanya kamera CCTV, dapat membantu pihak kepolisian dalam melakukan penyelidikan, apabila sewaktu-waktu terjadi suatu tindak kejahatan.

Kamera CCTV ini, dianggap dapat meningkatkan sistem keamanan di lingkungan sekitar selama 24 Jam. Setidaknya, pemasangan kamera CCTV dapat mengurangi rasa was-was apabila rumah atau kantor ditinggalkan.

Situasi keamanan yang aman dan kondusif tentunya merupakan harapan semua lapisan masyarakat. Polisi yang bertugas sebagai pemelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, tidak dapat maksimal dalam menjalankan tugasnya, tanpa bantuan dari semua lapisan masyarakat tentunya.

Penulis : Bara

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password