Diduga Akan Balap Liar, Tiga Pengendara Tinggalkan Motornya Saat Dihampiri Petugas

Tribratanews.polri.go.id – Luwu Sulsel, Selama bulan Ramadhan gabungan Polsek Ponrang dan Polsek Bua Polres Luwu terus berjaga di Jalan Raya di Batas wilayah Kec. Ponrang dan Kec. Bua, Kab. Luwu yang sering dijadikan arena balapan liar, Sabtu (3/6/17).

Saat personel gabungan siaga dilokasi batas wilayah tersebut tiga orang pengendara sepeda motor dengan kecepatan tinggi mendadak berhenti sebelum sampai ditempat petugas berjaga.

Ketiga pengendara tersebut kemudian masuk kepekarangan sebuah rumah, saat petugas mendatanginya keempat orang itu melarikan diri dan meningalkan sepeda motornya.

Hingga petugas meninggalkan lokasi tersebut tak satupun dari mereka datang untuk mengambil motornya. Sampai saat ini belum diperoleh keterangan tentang identitas pemilik motor tersebut.

Demi keamanan, maka ketiga sepeda motor itu diamankan ke Polsek Bua, selanjutnya dilakukan penyelidikan.

Balap liar sudah menjadi fenomena sosial tidak hanya di kota besar tetapi juga merambah kota-kota kecil. Balap liar justru menimbulkan pelanggaran hukum seperti judi, transaksi narkoba, minuman keras dan bahkan menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Tindakan balap liar sendiri adalah pelanggaran hukum yang diatur Undang-Undang Lalu Lintas No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Upaya-upaya pihak Kepolisian untuk mencegah terjadinya aksi balap liar telah dilakukan seperti melakukan penanggulangan secara preventif seperti sosialisasi
ke komunitas, sekolah dan masyarakat.

Balapan liar sendiri memiliki sisi negatif dan akibat bagi pelakunya, diantaranya.

  1. Kematian

Pembalap sangat mudah kecelakaan karna mereka melaju dengan kecepatan tinggi, apabila ada kelalaian sedikit, yang terjadi adalah kecelakaan. Kecelakaan itupun relatif keras sehingga akibat nya adalah kematian.

  1. Nilai Pendidikan

Nilai Pendidikan Rendah Balapan liar relatif selalu di lakukan di malam hari, ini menyebabkan para siswa tidak belajar. Nilai mereka pun rendah daripada siswa yang tidak mengikuti balapan liar.

  1. Dijauhi lingkungan social

Kebanyakan siswa-siswa yang mengikuti balapan liar ialah siswa yang nakal, otomatis lingkungan sosial/ masyarakat menjauhi mereka karena rasa tidak senang.

Penulis : Qadri

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password