Dihadiri Megawati, Ribuan Warga Antusias dan Tertib Ikut Parade Pancasila di Manado

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Provinsi Sulawesi Utara menggelar acara Parade Pancasila dalam rangka aksi Bela Negara yang dilaksanakan dengan long march dari Jembatan Soekarno dan finish di Lapangan Basket Kawasan Mega Mas, Manado, Sabtu (3/6/2017).

Kegiatan yang diikuti ribuan warga ini, dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia ke-5 Megawati Soekarno Putri dan Forkopimda Sulut, yang dipimpin Gubernur Olly Dondokambey.

Parade Pancasila yang digagas oleh Kementerian Pertahanan ini melibatkan warga, ormas, LSM, jajaran pendidikan, TNI dan Polri yang ada di Sulawesi Utara.

“Secara khusus, saya minta kepada Presiden Joko Widodo, pasca ditetapkannya 1 Juni hari lahirnya Pancasila dan libur nasional, di bidang pendidikan, namannya sejarah lahirnya pancasila harus dimasukkan kembali ke kurikulum pendidikan,” kata Megawati dihadapan puluhan ribu peserta parade.

30c01996-59e9-495a-aaeb-985e9833b676

Beliau meminta perkuat kebhinekaan untuk memberi tahu pihak yang ingin membelokkan sejarah bangsa karena ketidaktahuan menimbulkan perdebatan. Pancasila dijadikan sebagai konstitusi negara dan aturan negara harus ditaati bangsa. “Tanpa pancasila, kita tidak akan memiliki bangsa dan negara Indonesia,” tegasnya.

Sementara itu Gubernur Sulut menegaskan lahirnya Pancasila terus akan dikumandangkan karena Pancasila bagian tak terpisahkan dengan apa yang dihadapi saat ini.

“Nilai dan makna yang terkandung dalam Pancasila harus dikumandangkan terus oleh generasi muda ke depan agar terhindar dari hal-hal yang menggerogoti arti dari Pancasila itu sendiri,” ungkapnya.

Dalam kunjungannya ke Manado, Megawati juga melakukan acara buka puasa bersama seribu anak yatim di lapangan Kelurahan Ketang Baru Manado.

Kegiatan ini mendapat pengamanan dari jajaran Kepolisian Resor Kota Manado. Kapolresta Manado Kombes Pol Hisar Siallagan menurunkan personil pengamanan sebanyak 443 orang, yang dibackup juga dari Polda Sulut.

“Personil sudah kami bagi dan arahkan untuk pelaksanaan tugasnya, baik mengamankan lokasi, arus lalulintas maupun pengamanan mobile,” singkat Kapolresta melalui Wakapolresta Manado AKBP Enggar Brotoseno

Penulis: Supri
Editor: Rony/Sulut
Publish: Supri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password