Diduga ingin Makar, Pria ini Diciduk Tim Polda Sulut dan Kodam XIII Merdeka

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Tim gabungan Polda Sulut dan Intel Kodam XIII Merdeka, Jumat malam (2/6/2017) menciduk RO (35), pria yang diduga ingin melakukan tindak pidana makar dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, di rumahnya di Kecamatan Matuari, Kota Bitung, Sulut.

Penangkapan dipimpin Kanit Jatanras Manguni Polda Sulut AKP Agun Sitepu bersama 8 pesonil Resmob dan Intel Kodam XIII Merdeka, berdasarkan Sprint Penangkapan Nomor: Sp.Kap/17/VI/2017/Dit Reskrimum, tertanggal 2 Juni.

Kapolda Sulut, Irjen Pol Bambang Waskito melalui Kabid Humas Polda Sulut, Kombes Pol Ibrahim Tompo, SIK, MSi membenarkan adanya penangkapan tersebut.

“Semalam ditangkap, hingga kini masih menjalani pemeriksaan mendalam,” ujarnya, di Polda Sulut, (3/6/2017).

Polisi juga menyita sejumlah barang bukti dari rumah RO, yakni sebuah komputer dan sebuah bendera. Polisi juga menelusuri pergerakan RO di Media sosial terkait dugaan makar tersebut.

Menurut Kabid Humas, kejadian berawal dari sebuah kegiatan dialog publik pada 1 Juni 2017, di Kota Tomohon. Pada saat itu RO besama kedua rekannya memperkenalkan diri dari Grup Minahasa Land.

“Dijelaskan RO pada saat itu, mereka telah melakukan aksi Referendum Minahasa Merdeka pada tanggal 1 Desember 2016 dan dilanjutkan pada tanggal 15 Desember 2016 di depan Kantor Gubernur, tujuannya untuk mempertegas eksistensi orang Minahasa atas kejadian yang sementara atau telah terjadi selama ini,” jelas Kabid Humas.

Tambahnya, RO juga menyampaikan bahwa saat ini Minahasa Land sedang bergerak mulai dari menggelar aksi meminta Refrendum dengan pengumpulan identitas untuk disampaikan kepada Presiden, MPR, DPD, DPR RI. Juga akan menggelar aksi di Watu Pinabetengan.

Namun menurut Kabid, penyampaian RO di dialog publik tersebut sepertinya tidak digubris oleh peserta.

“Atas perbuatannya tersebut, tersangka dikenai dengan pasal 110 KUHP dan 106 KUHP tentang tindak pidana makar,” singkat Kabid Humas.

Penulis: Supri
Editor: Rony/Sulut
Publish: Supri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password