Polres Jombang sita ratusan knalpot Brong

6-jan-polisi-sitaTribrata.polri.go.id, Polda Jatim – Satuan Lalu lintas Polres Jombang menyita 105 kendaraan berknalpot jenis racing atau brong, selama Operasi Lilin Semeru yang digelar selama dua pekan. Selain itu, Petugas juga melakukan penindakan dengan tilang sebanyak 524 pelanggar lalu lintas.

Kasatlantas Polres Jombang AKP Mellysa Amalia melalui Kasubbaghumas Polres Jombang Iptu Subadar mengatakan ” selama Operasi bagi pelanggar yang tidak terlalu berat hanya kita berikan teguran simpatik,” kata Subadar, Kamis (5/1/2017).

Subadar menjelaskan, jumlah tilang selama Operasi Lilin mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada 2015, sebanyak 429 pelanggar kena tilang. Sementara sanksi berupa teguran simpatik sebanyak 936 pelanggar.

“Penggunaan knalpot racing tidak dibenarkan dalam undang-undang lalu lintas pasal 285 ayat 1. Karena tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot,” jelas Subadar.

Kendaraan roda dua / sepeda motor yang terjaring razia menjelang perayaan tahun baru dengan pelanggaran menggunakan knalpot racing, sepeda motornya disita dan baru bisa diambil setelah sidang pengadilan. Setelah sidang, kendaraan bisa diambil dengan membawa knalpot yang asli atau standart pabrik. (umam/hms jbg)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password