Bripka Imron Imami Para Tahanan Sholat Terawih Berjamaah

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar-Polres Sintang, Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah bagi umat islam diseluruh dunia, di bulan tersebut biasanya umat islam melakukan aktivitas seperti berpuasa, salat tarawih, memperingati turunnya Alquran, mencari malam Laylatul Qadar, serta memperbanyak membaca Alquran, membayar zakat fitrah dan diakhiri dengan merayakan Idul Fitri atau hari kemenangan.

Begitu pula dengan orang-orang muslim yang sedang menjalani proses hukum, sebagai orang yang bersalah melakukan perbuatan melanggar hukum hingga ditahan dan diproses hukum tentu tidak menghilangkan haknya untuk ikut menjalankan ibadah di bulan ramadhan seperti yang dilakukan oleh para tahanan Mapolres Sintang yang tetap melaksanakan sholat isya dan terawih berjamaah meskipun dilaksanakan di dalam ruangan sempit yang berukuran tidak lebih dari 5 x 4 Meter.

Namun ada pemandangan berbeda pada pelaksanaan sholat isya dan terawih berjamaah Kamis (01/06/2017) malam yang diikuti oleh 16 orang tahanan di ruang tahanan Mapolres Sintang, dimana yang bertindak sebagai imam pada pelaksanaan sholat tersebut Bripka Imron Ahmad yang merupakan anggota Sat Tahti Polres Sintang.

Sholat sunnah tarawih saat bulan Ramadhan, umumnya dilakukan di masjid maupun mushalla yang dipenuhi oleh jamaah di dalamnya namun di ruang yang tidak lebar dan sedikit berdempetan para tahanan Polres Sintang terlihat khusyuk dalam menjalankan sholat sunnah tarawih tersebut.

Bripka Imron Ahmad ketika ditemui menyampikan bahwa pelaksanaan sholat isya dan terawih berjamaah ini rutin kami lakukan setiap bulan ramadhan yang diawali dengan penyampaian tausiah singkat dan ditutup dengan pembacaan alquran”, terangnya.

“Selain dari anggota Polres sendiri, kita juga biasa mendatangkan ustad dari luar untuk memberikan ceramah kepada tahanan, terangnya.

Secara terpisah Kasat Tahti Polres Sintang Iptu Cokro Handoko menyampaikan bahwa “kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk pembinaan mental keagamaan kepada para tahanan, saya berharap para tahanan dapat menyesali dan tidak mengulangi kesalahan yang telah diperbuat serta dapat menjadi manusia lebih baik lagi dan dapat mengaplikasikan apa yang telah didapat saat kembali ke masyarakat nantinya”, ujarnya.

Penulis   : Dedi Setiawan
Editor     : Umi Fadilah
Publish   : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password