Silaturahmi Mahasiswa HMI Limboto dengan Kapolda Gorontalo

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Jum’at 2 Mei 2017 pukul 14.30 Wita, di ruang Kapolda Gorontalo telah datang berkunjung rombongan HMI Cabang Liimboto Gorontalo sebanyak 9 orang yang diketuai oleh Subarkah Komendangi untuk bersilaturohmi dengan Kapolda Gotontalo Brigjen Pol Drs Rachmad Fudail M.H.

Dalam pertemuan tersebut, Kapolda Gorontalo didampingi oleh Dir Intel Kombes Pol. Yuyun Yudhantara, SIK, M.Si dan Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Wahyu Tri Cahyono SIK.

Subarkah mengatakan,” Kami hadir menghadap Kapolda Gorontalo dalam rangka menjalin silaturohmi, karena silaturahmi penting bukan saja pada saat demo kami bertemu dengan Polisi namun pada saat lain pun perlu tatap muka dengan pihak kepolisian guna mendiskusikan isu-isu terkait persoalan bangsa”, jelas Subarkah.

Pada pertemuan tersebut ketua HMI Cabang Limboto menyampaikan beberapa isu yang perlu ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian agar situasi kamtibmas di Gorontalo tetap terjaga dan kondusif.

Adapun isu-isu yang disampaikan antara lain masalah teroris, radikalisme, adanya gerakan mahasiswa papua di Gorontalo dan masalah penembakan oleh Polisi di Kabupaten Pohuwato.

Oleh Kapolda Gorontalo berbagai isu yang disampaikan oleh Ketua HMI Cabang Limboto tersebut ditanggapi secara gamblang dan jelas dimana Kapolda menyampaikan, “Polisi Polda Gorontalo selama ini sangat serius dalam menjaga kamtibmas dan Polisi merupakan bagian dalam pemerintahan yang bertanggung jawab atas kondisi kamtibmas di masyarakat termasuk dalam menghadapi persoalan bangsa seperti radikalisme, terorisis dan masalah lain yang dapat berdampak terhadap persatuan dan kesatuan bangsa”, jelas Kapolda.

Pada kesempatan tersebut Kapolda juga meminta kepada HMI untuk ikut andil dalam menyuarakan 4 Pilar Kebangsaan. “Saya harap HMI bisa membantu Polri dalam menyuarakan 4 pilar Kebangsaan, ajak teman-teman mahasiswa yang lain untuk tetap menjaga Pancasila sebagai ideologi bangsa dan juga UUD 45 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, jangan mudah dihasut dengan isu-isu perbedaan yang akan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa”, imbuh Kapolda.

Terkait Kejadian Marawi, Kapolda juga menjelaskan bahwa  Polda dan jajaran Polres telah melakukan langkah antisipasi dengan meningkatkan giat patroli dan razia di perbatasan serta memberdayakan peran babinktms di seluruh desa guna deteksi dini dan cegah dini.

Selanjutnya terkait penembakan oleh anggota Polri di Pohuwato dijawab Kapolda, “Polri dituntut kerja secara profesional dan semua tindakan di lapangan dilaksanakan sesuai dengan SOP, jika ada ancaman terhadap petugas maupun masyarakat maka Polisi diperbolehkan melakukan tindakan tegas”, jelas Kapolda.

“Apalagi saat kejadian si pelaku yang banyak melakukan tindak pidana tersebut membawa parang dan mencoba melawan petugas, tentu Polisi diperbolehlan melakukan diskresi dengan mengambil tindakan tegas”, imbuh Kapolda.

Kabid Humas Akbp Wahyu Tri Cahyono,SIK dalam kesempatan yang sama menjelaskan bahwa kegiatan tadi merupakan ajang silaturahmi dari mahasiwa HMI cabang Limboto dimana sebelumnya direncanakan sebelum Ramadhan. “Namun, karena kesibukan maka baru bisa dilaksanakan pada hari ini,” terang Wahyu.

“Pada kesempatan tersebut ada beberapa isu yang disampaikan oleh ketua rombongan dan sudah dijawab secara keseluruhan oleh Kapolda dan pada kesempatan itu juga Kapolda mengajak pengurus HMI untuk bisa menghadiri undangan buka puasa bersama dengan Polda Gorontalo yang akan dilaksanakan pada hari selasa 6/6/2017”, pungkas Wahyu.

1

Penulis         : Wahyu Tri Cahyono

Editor           : Umi Fadilah

Publish         : Fandi

Admin Polri56607 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password