Gelar Patroli Rutin, Cara Polres Barru Cegah Aksi Balap Liar

Tribratanews.polri.go.id – Barru Sulsel, Dalam mencegah gangguan kamtibmas di Bulan Ramadhan ini anggota Sat Sabhara Polres Barru melakukan patroli sore rutin di kecamatan Wanasari, Kegiatan ini guna mencegah balap liar di area jalan yang letaknya tidak jauh dari pemukiman Masyarakat(1/6).

Dalam kegiatan patroli yang di laksanakan di wilayah Barru  ini di pimpin Aiptu Andi Reski selaku Kanit Patroli bersama dengan 4 anggota, kanitPatroli mewakili kasat Sabhara mengatakan “jalan ini merupakan jalan Poros Menuju Pelabuhan di Kab.Barru akan tetapi karena Jikalau sore hari jalan ini agak sunyi sehingga sangat rawan di salahgunakan untuk balap liar”, tuturnya. Oleh karena itu kami rutin patroli di jalan tersebut untuk mencegah agar tidak di gunakan untuk hal-hal yang tidak di inginkanan.

Karena banyaknya masyarakat yang akan melewati jalan daerah tersebut, tidak lupa himbauan kami berikan kepada para pemuda agar tidak menggunakan jalan tersebut sebagai ajang untuk balap liar dan selalu berkordinasi dengan kepolisian agar segera melaporkan apabila ada kejadian yang mengganggu.

Dengan giat patroli ini di harapkan kehadiran polisi di tengah-tengah masyarakat dapat mencegah tindak kriminalitas di area tersebut.

Balap liar sudah menjadi fenomena sosial tidak hanya di kota besar tetapi juga merambah kota-kota kecil. Balap liar justru menimbulkan pelanggaran hukum seperti judi, transaksi narkoba, minuman keras dan bahkan menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Tindakan balap liar sendiri adalah pelanggaran hukum yang diatur Undang-Undang Lalu Lintas No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Upaya-upaya pihak Kepolisian untuk mencegah terjadinya aksi balap liar telah dilakukan seperti melakukan penanggulangan secara preventif seperti sosialisasi
ke komunitas, sekolah dan masyarakat hingga melakukan razia rutin diwaktu-waktu rawan.

Balapan liar sendiri memiliki sisi negatif dan akibat bagi pelakunya, diantaranya.

  1. Kematian

Pembalap sangat mudah kecelakaan karna mereka melaju dengan kecepatan tinggi, apabila ada kelalaian sedikit, yang terjadi adalah kecelakaan. Kecelakaan itupun relatif keras sehingga akibat nya adalah kematian.

  1. Nilai Pendidikan

Nilai Pendidikan Rendah Balapan liar relatif selalu di lakukan di malam hari, ini menyebabkan para siswa tidak belajar. Nilai mereka pun rendah daripada siswa yang tidak mengikuti balapan liar.

  1. Dijauhi lingkungan social

Kebanyakan siswa-siswa yang mengikuti balapan liar ialah siswa yang nakal, otomatis lingkungan sosial/ masyarakat menjauhi mereka karena rasa tidak senang.

Penulis : Sumarwan

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password