Polisi Tanamkan Nilai-Nilai Panca Sila Kepada Siswa SMU Negeri II Jayapura

037cf8c2-2d81-4c7a-8a0c-1ce28b87812d

Tribratanews.polri.go.id. Polda Papua, Polres Jayapura Kota -Kapolisian sektor Jayapura Utara menyelenggarakan penyuluhan kepada para siswa SMU Negeri II Jayapura bertempat di ruang Aula SMU Neg. 2 Jayapura jalan Serui distrik Jayapura Utara.Kamis, (01/06/17)

Pelaksanaan penyuluhan tentang nilai-nilai Pancasila dalam rangka hari lahirnya Pancasila yang dipimpin oleh Kapolsek Jayapura Utara AKP Piter Kendek S.Sos.MM dan didampingi Kanit Intelkam Ipda A.Nasim serta kanit Lantas Ipda Mezakh Kareni yang diikuti oleh siswa – siswi dari perwakilan kelas X dan kelas XI dipimpin oleh wakil kepala sekolah Yan Ayomi berjumlah kurang lebih 45 siswa

Dalam penyuluhan tersebut Kapolsek menjelaskan tentang sejarah Lahirnya Pancasila yang dicetuskan oleh bapak Ir. Sukarno pada tanggal 1 Juni 1945.

“Nilai-nilai butir Pancasila sebanyak 36 butir dari kelima sila didalamnya, diharapkan siswa – siswi dapat melaksanakan secara kongkrit dalam kehidupan sehari-hari baik dilingkup Sekolah maupun diluar sekolah.” Terang Kapolsek

Selain itu Kapolsek juga menjelaskan tentang maksud Kepolisian  dalam hal ini Polsek Jayapura Utara hadir untuk memberikan penyuluhan ke sekolah-sekolah  seperti saat ini khususnya di SMU Negeri 2 Jayapura disinyalir nilai-nilai moral Pancasila dewasa ini mulai menurun seiring dengan perkembangan arus globalisasi dan modernisasi dunia dan budaya  barat memasuki tanah air,

Kapolsek menekankan kepada kaum muda SMU Negeri 2 Jayapura harus bangkit mulai dari sekarang. Pada kesempatan tersebut Kapolsek juga menanamkan motto Nasional kepada para siswa yaitu “SAYA ORANG INDONESIA, SAYA PANCASILA”

Setelah Kapolsek memberi penyuluhan Kanit Lantas  Ipda M.Kareni  maupun Kanit Intelkam Ipda A.Nasim melanjutkan arahan tentang ketentuan mengendarai kendaraan Roda dua (sepeda motor) di jalan raya hendaklah memakai helm sebagai salah satu persyaratan dalam hal berkendara, mentaati aturan hukum berlalu lintas dan tidak kalah penting adalah memiliki SIM (Surat Ijin Mengemudi).

Pada kesempatan tersebut Kanit Intelkam juga menekankan kepada para siswa agar menjauhi Narkoba, obat- obatan terlarang dan Minuman keras serta kejahatan atau Kenakalan Remaja lainya intinya bangkit dan harumkan kembali nama baik sekolah sebagaimana yang perna pendahulu sebelumnya yang pernah mengharumkan nama baik sekolah.

 

 

Penulis                 : J.Rumra/Rogen/Fajar Surya Irianto
Editor                   : Umi Fadilah
Publish                 : Fajar Surya Irianto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password