Polisi di Mimika Ikut Gaungkan ‘Saya Indonesia Saya Pancasila’

728178a1-922e-4ad3-a7c1-6b607be5ebbb

Tribratanews.polri.go.id. Polda Papua, Polres Mimika – Kapolsek Mimika AKP Frits J Erari, SE MM ikut serta dalam memperingati hari kesaktian Pancasila, Kamis (01/06/17)

Pada 1 Juni 2016, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keputusan Presiden Nomor 24 tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila, dalam peringatan pidato Bung Karno 1 Juni 1945 di Bandung, Jawa Barat.

Tema peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini ‘Saya Indonesia, Saya Pancasila’ tak ketinggalan ikut digaungkan oleh Kapolsek Mimika Baru AKP Frits J Erari, SE MM.

Mantan Kapolsek Kawasan Pelabuhan Laut Jayapura ini mengatakan bahwa untuk para pemuda penting mengenal nilai – nilai luhur Pancasila secara mendalam dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Karena Pancasila adalah ideologi negara dan mempersatukan bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke dalam bingkai NKRI,” kata Kapolsek

Sejak Indonesia diproklamasikan sebagai negara merdeka, saat itu pula disepakati menjadikan Pancasila sebagai dasar negara. Ideologi Pancasila dengan semboyan Bhineka Tuggal Ika atau berbeda-beda tetap satu telah menjadi harga mati untuk pemersatu bangsa.

“Pancasila harus terus hidup dalam kehidupan masyarakat dan lebih optimal sebagai kekuatan pemersatu bangsa. Pancasila berperan mewadahi berbagai perbedaan maupun konflik yang seringkali muncul,” ujarnya.

Momentum ini juga tidak ketinggalan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Tito Karnavian mengucapkan selamat hari lahir Pancasila dengan tema ‘Saya Indonesia Saya Pancasila’.

Menurut Kapolri, Pancasila telah terbukti sebagai kekuatan bangsa untuk mengatasi berbagai tantangan baik separatisme maupun fundamentalisme agama dan komunisme.

Penulis                 : Andre/Fajar Surya Irianto
Editor                   : Umi Fadilah
Publish                 : Fajar Surya Irianto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password