Kapolsek Laweyan Surakarta Hadir dan Ikuti Taraweh Keliling Forkopimda di DPRD Solo

Tribratanews.polri.go.id. Polresta Surakarta – Tarawih Keliling (Tarling) Dinas dan Instansi Surakarta kembali digelar di wilayah Laweyan Surakarta. Pada hari Kamis (01/06/2017) Tarling diselenggarakan di Masjid At Taubah di Gedung DPRD Kota Surakarta Jalan Adi Sucipto 143 Karangasem Laweyan Surakarta.

Acara diawali dengan Sholat Isya berjamaah dilanjutkan dengan Sholat Tarawih dan Witir. Setelah itu acara dilanjutkan dengan sambutan dan pemberian cinderamata dari pihak penyelenggara yaitu DPRD Kota Surakarta kepada Imam, Khotib, Muadzin dan Pembawa Acara.

Bertindak selaku Imam Sholat Isya dan Tarawih kali ini adalah KH Maksum Ahmad dan Khotib bakda Tarawih adalah DR H Abdul Matin MAg. Tarawih Keliling ini juga dihadiri oleh Wakil Walikota Surakarta Drs Achmad Poernomo Apt, Ketua DPRD Kota Surakarta Drs Teguh Prakosa, Kasat Binmas Kompol Suharmono mewakili Kapolresta Surakarta, Kapolsek Laweyan Kompol Santoso SE MH, Anggota DPRD Kota Surakarta dan diikuti lebih kurang 250 orang warga masyarakat Kota Surakarta.

Khotib DR H Abdul Matin M.Ag dalam tausyiahnya membawakan tema “Menghargai Kebhinekaan”. Berikut ini kutipan tausyiahnya :

“Bahwa kebhinekaan itu lazim. Bahkan jika Allah menghendaki maka Allah jadikan umat yang satu, tapi Allah biarkan hidup kita beragam. Supaya kita saling menghormati perbedaan atau kebhinekaan.

Syeikh Ahmad Al Gozali mengatakan, “Aku mendapatkan Islam di Eropa, tapi aku tidak mendapatkan muslim. Aku mendapatkan muslim di negara Arab dan Asia, tapi aku tidak mendapatkan Islam”.

Pada akhirnya kami memahami apa yang beliau katakan, bahwa ini adalah tentang bagaimana semestinya manusia memanusiakan manusia, terlepas dari segala latar belakang agama dan negaranya. Di Eropa, orang yang kita sebut kafir itu justru sikap dan perbuatan mereka sangat Islami.

Saya sangat respek dengan banyaknya spanduk gerakan Shubuh berjamaah, tapi saat gerakan itu berhenti pada sholat berjamaah?. Padahal tak hanya Sholat yang semestinya berjamaah, bahkan Islam mengajarkan kita hidup secara berjamaah, semua bermuara pada aksi sosial yaitu persaudaraan Islam.

Saatnya kita hidup menjadi negara yang satu, bangsa yang satu. Rasulullah pun mengatur negara dengan Piagam Madinah yang isinya bukan hanya mengatur kehidupan umat Islam, namun berbagai agama dan suku”.

Pada acara Tarling ini Kapolsek Laweyan Kompol Santoso SE MH yang juga hadir sekaligus memimpin pengamanan menurunkan 8 anggotanya untuk pengamanan lokasi dan dibantu 4 personil dari Satlantas Polresta Surakarta untuk pengaturan arus lalu lintas diluar lokasi. Hingga berakhirnya acara, situasi aman, jamaah meninggalkan lokasi dengan tertib.

Penulis : Heri Laweyan
Editor   : Umi Fadilah
Publish : Sumarjo

Admin Polri55933 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password