Polisi Hadiri Upacara Peringatan Hari Pancasila di Keerom

Tribratanews.polri.go.id.- Polres Keerom.- Memperingati hari pancasila tanggal 01 Juni 2017, Kapolres  Keerom AKBP Simon Sahureka bersama Personil Polres Keerom menghadiri upacara yang dilaksanakan di lapangan apel pemerintah daerah kabupaten keerom, kamis/1/6/2017.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati Kabupaten Keerom Celcius Watae, MH., pada kesempatan itu membacakan pidato presiden republik, “Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa pada pagi hari ini kita dapat berkumpul menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila untuk yang pertama kalinya. Upacara ini meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. Adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara”.

keeerompanacaaa

“Kita perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara. Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, kita bisa terhindar dari masalah tersebut. Kita bisa hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan negeri. Dengan Pancasila, Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai, adil dan makmur di tengah kemajemukan. Oleh karena itu saya mengajak peran aktif para ulama, ustadz, pendeta, pastor, bhiksu, pedanda, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media ajaran birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila. Pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus terus ditingkatkan. Ceramah keagamaan materi pendidikan, fokus pemberitaan dan perdebatan di media sosial harus menjadi bagian dalam pendalaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Upacara tersebut diikuti oleh peserta upacara yang terdir dari 1 SSK Gabungan Anggota Koramil 1701-04/Arso, Satgas Pamtas Yonif Para Raider 432/WSJ, Satgas Pamtas Yonif 410/Alugoro, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 512/Quratara Yudha, 1 SST Gabungan Dalmas dan Staf Polres Keerom, Senkom dan RAPI, Gabungan PNS dan CPNS se Kabupaten Keerom.

Kegiatan Upacara Bendera dalam rangka Hari Lahirnya Pancasila ke 72 dilaksanakan secara nasional yang mana guna menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan dan juga meneguhkan komitmen semua warga negara terhadap Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Penulis : Parlan/ Vickhy Merani
Editor : Umi Fadilah
Publish : Vickhy Merani

Admin Polri56606 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password