Polda Maluku Melaksanakan Upacara Dalam Rangka Hari Lahir Pancasila.

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku, “Kita Indonesia, Kita Pancasila”  Pagi yang diawali hujan rintik-rintik terdengar seruan Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Deden Juhara selaku Pimpinan Upacara dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila yang digelar di lapangan Upacara Polda Maluku, pagi tadi (1/6-2017).

WhatsApp Image 2017-06-01 at 7.58.32 AM

Dalam pelaksanaan Upacara hari ini, turut hadir sebagai peserta upacara Para Pejabat Utama Polda Maluku, Para Pamen, Pama, Bintara, Tamtama dan PNS Polda Maluku. Upacara tersebut berjalan dengan lancar dan khimad. Seluruh peserta Upacara dapat merasakan Keberagaman Kebhineka Tunggal Ika dari Sabang sampai Merauke yang ditandai dengan pelaksanaan Upacara secara serentak seluruh jajaran Indonesia dalam memperingati hari lahir pancasila pada tanggal 1 Juni 2017.

Saat membacakan amanat Presiden RI Ir. Joko Widodo, Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Deden Juhara selaku Irup pada upacara ini mengatakan, Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan lr. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945, adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita.

1fdtjkyt

Melalui amanat yang dibacakan Kapolda, Presiden RI Ir. Joko Widodo mengajak peran aktif para ulama, ustadz, pendeta, pastor, bhiksu, pedanda, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga pancasila. Pemahaman dan pengamalan pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus terus ditingkatkan. Ceramah keagamaan, materi pendidikan, fokus pemberitaan, dan perdebatan di media sosial harus menjadi bagian dalam pendalaman dan pengamalan nilai–nilai Pancasila.

“Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita lndonesia, Kita Pancasila. Semua Anda lndonesia, semua Anda Pancasila. Saya lndonesia, saya Pancasila.”

Penulis  : Rifan Tulak
Editor    : Umi Fadilah
Publish  : Rifan Tulak

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password