Mengenal “Pito Kerj’ha Olah Kerian” Polres Flores Timur

Tribratanews.polri.go.id – Polres Flores Timur, Guna lebih mendekatkan diri antara Polri dan masyarakat yang dibalut dalam bingkai kebhinekaan adat Lamaholot (Flores).

Bertempat di Polres Flores Timur, Rabu (31 /5/2017) sekira pukul 07.00 wita telah di launching program *PITO KERJ’HA OLAH KERIAN*(Tujuh Program Unggulan) sebagai bagian giat Promoter sebagai berikut:

*1. POS JAGUNG TITI (Polisi Jaga Lalu Lalang Masyarakat Tiap Tikungan)*, diambil dari makanan khas Flotim yang  biasa dijual bahan bakunya di tiap pasar dan tikungan jalan sehingga memunculkan kerawanan langgar dan laka lantas.

IMG-20170601-WA0074

*2. POSTOH (Polisi Silaturahmi Tokoh)*, mengambil nama dr suatu lingkungan yang  heterogen di Larantuka, program ini menekankan pada pendekatan dgn tokoh masyarakat untuk cegah konflik sosial.

*3. BAE NAGI (Bersama Aparatur Daerah Menjaga Sinergi)*, berasal dari bahasa Lamaholot yang  berarti “kampung baik” mrpkn diplomasi polisional dengan Aparatur Pemda untuk  menentukan arah pembangunan daerah.

*4. POS BERKEWAIN (Polisi Berikan Keamanan Bagi Wanita dan Anak)*, berasal dari bahasa Lamaholot berkewain yang  artinya wanita memiliki makna untuk  polisi berikan perhatian khusus pada perlindungan perempuan dan anak.

*5. POS DAHE (Polisi Sambang Daerah Jaga Harmonisasi Antar Etnis)*, Harmonisasi antar Etnis harus dijaga dikarenakan Flotim terdiri dari beberapa Etnis dan golongan. Dambaan masyarakat  akan daerah yang  aman, nyaman dan kondusif memerlukan perhatian khusus dari aparat kepolisian.

*6. PANA (Patroli Amankan Situasi Kota)*, Pana yang dalam bahasa Lamaholot artinya Jalan2, diidentikkan dengan  giat Patroli. Keberadaan polisi pada jam rawan Tindak pidana akan mengurangi kesempatan dan niat orang untuk  berbuat kejahatan.

*7. POS KOPI MANIS (Polisi Komunikasi Pagi dgn Masy Semua Etnis)*, pada pagi hari biasanya masyarakat  sarapan atau sekedar seruput kopi sblm bekerja, program ini sebagai Sinergi polisi dengan masyarakat  yang disertai giat komunikasi, penerangan, suluh, pulbaket dengan  masyarakat

Launching dipimpin  Kapolres Flores Timur AKBP Arri Vaviriyantho dan dihadiri oleh seluruh personil Res Flotim. 7 program ini mrpkn sarana utk mengingat kembali tupoksi polri yg dibalut dgn kearifan lokal adat Lamaholot Flores.(*)

Penulis : Tim

Editor : Umi Fadilah

Publish : Alam / Veri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password