Hari Lahir Pancasila, Polda Sultra Menggelar Upacara Bendera

Tribratanews.polri.go.id

Polda Sultra – Presiden Joko Widodo, melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016, telah menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila dan menjadikannya sebagai hari libur nasional.

Meski hari libur, seluruh instansi pemerintahan wajib menggelar upacara bendera terlebih dahulu pada pagi harinya. Tidak terkecuali Kepolisian Republik Indonesia, khususnya Polda Sultra (1/6) menggelar upacara bendera memperingati Hari Lahir Pancasila ke-72 yang diikuti seluruh pejabat utama Polda Sultra serta seluruh personel Polda Sultra. Bertempat dilapangan apel Mapolda Sultra.

 

Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Sultra Kombes Pol. Bambang Priambadha, S.H., M.Hum. selaku inspektur upacara membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945 – 1 Juni 2017.

“Harus diingat bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman.Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman. Dari Sabang sampai Marauke adalah keberagaman. Dari Miangas sampai Rote adalah juga keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia. Itulah keBhinneka Tunggal Ika-an kita,” kutipan sambutan Presiden RI. 

Presiden RI mengajak peran aktif para ulama, ustadz, pendeta, pastor, bhiksu, pedanda, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga pancasila. Pemahaman dan pengamalan pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus terus ditingkatkan. Ceramah keagamaan, materi pendidikan, fokus pemberitaan dan perdebatan di media sosial harus menjadi bagian dalam pendalaman dan pengamalan nilai-nilai pancasila.

Menutup sambutannya, Presiden RI mengucapkan selamat Hari Lahir Pancasila. Kita Indonesia, Kita Pancasila. Semua Anda Indonesia, Semua Anda Pancasila. Saya Indonesia, Saya Pancasila.


“Jadi tahun ini kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Ini hari lahir yang ke-72, sama dengan kemerdekaan kita. Ini pertama kali kita peringati, karena Keppres baru terbit tahun yang lalu,” kata Kabid Humas Polda Sultra AKBP Sunarto saat ditemui di lapangan apel Mapolda Sultra sesudah upacara.

Penulis  :  Jamal

Editor   :   Umi Fadillah

Publish :  Firman

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password