Kapolda Maluku Utara Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

pancasila2

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Memperingati Hari Lahir Pancasila, Polda Maluku Utara Gelar Upacara yang bertempat di Lapangan Apel Polda Maluku Utara. Kamis, 01/06/2017 Pukul 08.00 Wit

Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol Drs. Tugas Dwi Apriyanto S.H.,M.M  Selaku Inspektur Upacara Membacakan Amanat Presiden Republik Indonesia. Upacara diikuti oleh seluruh personil Polda Maluku Utara, baik anggota Polri maupun Pegawai Negeri Sipil.

Dalam upacara tersebut juga dilaksanakan mengheningkan cipta, sebagai bentuk penghormatan terhadap para Pahlawan Kusuma Bangsa yang telah gugur, dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila Dan UUD 1945.

Dalam sambutannya, Kapolda Menyampaikan upacara peringatan hari lahir pancasila untuk yang pertama kalinya, upacara ini meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai – nilai luhur pancasila sebagai dasar bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan yang prosesnya dimulai dari rumusan pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Soekarno, Piagam, Jakarta tanggal 1 Juni 1945 dan rumusan final pancasila pada tanggal 18 Agustus 1945.

Maka dari itu harus diingat bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman takdir tuhan untuk kita adalah keberagaman dari sabang sampai merauke dari miangas sampai pulau rote yang juga mempunyai keberagaman etnis, bahasa, adat, agama, dan kepercayaan.

Kita perlu belajar dari pengalaman buruk Negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara. Untuk itu dengan Pancasila dan UUD 1945 agar kita bisa terhindar dari masalah tersebut sehingga kita bisa hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan negeri kita ini.

Oleh karena itu, saya mengajak peran aktif para ulama, ustadz, pendeta, pastur, biksu, padanda, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan POLRI serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga pancasila dalam arti pemahaman dan pengalaman pancasila.

Mari kita jaga perdamaian persatuan dan persaudaraan di antara kita dengan cara kita saling bersikap santun, saling menghormati saling toleran dan saling membantu untuk kepentingan bangsa.

Selamat hari Lahir pancasila, kita Indonesia kita pancasila, semua anda pancasila semua anda Indonesia, dan saya Indonesia saya pancasila.

Penulis       : Un Abdukish

Editor         : Umi Fadilah

Publish       : Mandala Putra

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password