Kapolres Tanggamus Lampung, Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

Tribratanews.polri.go.id – Polres Tanggamus. Jajaran Polres Tanggamus melaksanakan kegiatan Upacara Hari Lahir Pancasila pada hari Kamis, 1 Juni 2017 di Lapangan Apel Polres Tanggamus, dihadiri oleh seluruh anggota Polres Tanggamus, Kapolsek jajaran dan perwakilan Polsek, dengan Inspektur Upacara Kapolres Tanggamus, AKBP Alfis Suhaiali, S.Ik., M.Si.

Pembacaan undang-undang 1945 dan Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 24 tahun 2017 tentang hari lahir pancasila, oleh personil Polres Tanggamus.

AKBP Alfis Suhaili, S.Ik., M.Si, membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia mengatakan Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. Adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita.

Peserta upara hari lahir pancasila di lapangan Polres Tanggamus, Kamis (1/6/17).
Peserta upara hari lahir pancasila di lapangan Polres Tanggamus, Kamis (1/6/17).

Kodrat bangsa indonesia adalah keberagaman, Kehidupan berbangsa dan bernegara kita sedang mengalami tantangan. Kebinekaaan kita sedang diuji. Saat ini ada pandangan dan tindakan yang mengancam kebinekaan dan keikaan kita.

Saat ini ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila. Oleh karena itu peran aktif para ulama, ustadz, pendeta, pastor, bhiksu, pedanda, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus terus diingatkan.

Telah diundangkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila. Bersama seluruh komponen bangsa, lembaga baru dalam kehidupan sehari-hari, yang terintegrasi dengan program-program pembangunan.

“Sekali lagi, jaga perdamaian, jaga persatuan, dan jaga persaudaraan di antara kita. Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan Bangsa demi kemajuan Indonesia”. Tutupnya. (*)

Penulis : Tim
Editor   : Umi Fadilah
Publish : N.Muslih Lpg

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password