Kabag Ren Polres Keerom, Hadiri Pertemuan Koordinasi Publik Direktorat Sumberdaya Air Sungai Provinsi Papua

tbl15

Tribratanews.polri.go.id Polres Keerom – Kabag Ren Polres Keerom Kompol Yosep Goran mewakili Kapolres Keerom menghadiri Pertemuan Koordinasi Konsultasi Publik Direktorat Sumberdaya Air Wilayah Sungai Provinsi Papua di Kab.Keerom di Balai Kampung Sanggaria Arso I Distrik Arso Barat Kab.Keerom. Rabu, 31/05/17

Pertemuan koordinasi publik Direktorat sumberdaya air sungai Provinsi Papua dalam rangka studi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) rencana pembangunan kantor Pengendalian Banjir di Kab Keerom dihadiri Dr.Ir. Happy Mulya Kepala Balai Wilayah Sungai Provinsi Papua, Ir.Joko Susilo Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab Keerom, Iptu Handry M Bawiling S.Sos Kapolsek Arso Kota, Ahmad Dhani Konsultan Perencanaan PT Aditya Engineering, In Rumere Bappeda Kab Keerom, Evans M.L Bwefar Dinas Pekerjaan Umum Kab Keerom, Yohanis Sumbung Kadistrik Arso Barat, Para Kepala Kampung se Distrik Arso Barat Kab Keerom serta Tomas, Toga dan Todat Distrik Arso Barat Kab Keerom.

Pertemuan ini bertujuan meminta Dukungan Tomas, Todat agar dapat memberikan masukkan dan saran tentang langkah – langkah pencegahan banjir karna pembangunan selalu berkaitan dengan hak ulayat.

Jelas Dr.Ir. Happy Mulya Kepala Balai Wilayah Sungai Provinsi Papua, pada umumnya kondisi Sungai di Kab Keerom yang mengalami sedimentasi akibat perubahan tata guna lahan dan morfologi sungai yang memiliki kemiringan dasar yang relatif landai serta bermeander (berkelok-kelok), menyebabkan muka air sungai Tami cukup tinggi pada saat banjir sehingga air dari sungai skanto dan air limpahan dari pemukiman Distrik Arso sulit untuk masuk sehingga terjadi aliran balik dan mengakibatkan banjir terutama di Wilayah Arso VII.

Lanjunya, Ini dikarenakan Distrik Arso terletak Sekitar 10 Km dari bendungan Tami yang mengakibatkan tingginya sedimentasi di sungai Tami sehingga elevasi muka air sungai meningkat mengakibatkan oudet saluran drainase tersumbat dan terjadi genangan di daerah pemukiman Arso.

Ucapan terimkasih Kompol Yosep Goran mewakili Kapolres Keerom kepada Bapak Dr. Ir. Happy Mulya selaku Kepala Balai Wilayah Sungai Provinsi Papua yang telah mengadakan program Konsultasi Publik guna melakukan pencegahan banjir tahunan yang sering terjadi di wilayah Kab Keerom terutama di Wilayah Arso VII yang merupakan daerah rendah (cekungan) sehingga air limpahan dari wilayah pemukiman serta sungai Tami dan Skanto menggenang distu.

“Perlunya dilakukan normalisasi sungai serta drainase aliran air yang berada di tengah-tengah pemukiman masyarakat agar banjir tidak lagi terjadi di Kab. Keerom, “lanjutnya.

Penulis : F.N. Surlialy

Editor : Umi Fadillah

Publish :  F.N. Surlialy

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password