Kapolda Lampung Ingatkan Empat Hal Ini Saat Safari Ramadhan di Masjid Al Muslimin

Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung, Kesempatan Safari Ramadhan pertama, Kapolda Lampung Irjen Pol Drs Sudjarno mengingatkan empat hal yakni Pancasila, radikalisme, konflik sosial dan narkotika.

“Besok hari lahirnya Pancasila. NKRI tegak karena punya ideologi dan penopang sebagai pemersatu perbedaan. Salah satunya Pancasila. Banyak negara besar seperti Libya, Irak dan Syria pecah karena tidak ada yang mempersatukan padahal negaranya tidak seberagam kita, ” kata Sudjarno dihadapan para jamaah usai tarawih bersama di Masjid Al – Muslimin Pahoman, Rabu (31/5/2017)

Sudjarno berbagi pengalaman saat bertugas sebagai Pasukan Perdamaian PBB yang menyaksikan keluarga pecah akibat perang saudara Bosnia dan Serbia. Ditarik ke lokal, Sudjarno tak bisa bayangkan rasanya keluarga terpecah karena perbedaan suku yang menguat sementara nilai kekeluargaan masih dipegang erat.

“Harus hati-hati ! Negara tidak lepas dari pengaruh terorisme global. Ramai diberitakan ISIS masuk Philiphina. Belum lagi fakta ada simpatisan radikalisme ISIS di Indonesia. Kemarin bom di Kampung Melayu. Jangan lihat korbannya yang polisi, lihat gambaran besarnya yang menghancurkan NKRI, ” lanjut Sudjarno. Ia didampingi pejabat utama Polda Lampung dan Kapolresta Kombes Pol Murbani Budi Pitono.

IMG-20170531-WA0015

Di Lampung, Sudjarno komitmen penuh menjaga situasi kamtibmas. Dari memetakan 53 potensi konflik yang sedang diselesaikan bersama pemerintah daerah. Lampung sudah punya pengalaman buruk dengan dampak konflik sosial. Sudjarno minta orangtua aktif memberi pemahaman kepada keluarga.

“Terakhir, tidak terlihat tapi dampaknya meruntuhkan generasi yakni narkoba. Bapak Ibu jamaah, narkoba sudah masuk desa dijadikan suplemen penambah tenaga petani. Bayangkan daya rusaknya karena hasil panen dipastikan membeli narkoba. Jangan lelah ingatkan keluarga tidak menyentuh narkoba, ” tegas Sudjarno. Khusus narkoba diperkuat Ustad H Muhajir dalam kultumnya sebut narkoba itu “taiknya setan” ! (*)

Penulis :Tim
Editor :Umi Fadilah
Publish : Haryanto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password