Cegah Radikalisme, Kapolres Inhil, Undang Tokoh Masyarakat ke Ruang Kerjanya

Tribratanews.polri.go.id – Polres Inhil

Untuk mencegah tumbuhnya radikalisme di Kabupaten Indragiri Hilir, Kapolres Inhil, AKBP Dolifar Manurung, S.IK, mengundang Instansi terkait dan Tokoh Masyarakat, Agama dan Pemuda, Rabu, tanggal 31 Mei 2017, pukul 09.00 WIB, di Ruang Kerja Kapolres Inhil, Jalan Gajah Mada No. 2 Tembilahan. Silaturahmi Kamtibmas yang bertajuk Penanggulangan Radikalisme Polres Inhil Dengan Masyarakat, sejalan dengan pelaksanaan Operasi Bina Waspada – Siak 2017. Silaturahmi ini juga dihadiri oleh Waka Polres Inhil KOMPOL Dr. H. Azwar, S.Sos, M.Si, M.H, Kasat Binmas Polres Inhil AKP Lassarus Sinaga, S.H, yang mewakili Badan Kesbangpolinmas Kab. Inhil, Erwandi, yang mewakili Kemenag Kab. Inhil, Ustadz Ruhiat, S.Ag, Ketua Tanfidziyah PCNU Kab. Inhil, Ustadz Abdul Hamid, S.Hi, M.A, Pemred Harian Posmetro Indragiri Effendi Aqil, Ketua Granat Kab. Inhil Zakaria, Ketua DPC PP Kab. Inhil Robby Cahyadi, Ketua LMP Kab. Inhil, M. Saleh dan Para Tomas, Toga, Toda serta Para Perwira Polres Inhil.

20170531095653_IMG_8537Memulai Silaturahmi, Kapolres mengatakan bahwa Polres Inhil, saat ini sedang melaksanakan operasi Bina Waspada, yang bertujuan untuk mencegah dan menanggulangi faham radikalisme di Kabupaten Indragiri Hilir. Berkaca dari kejadian di Kampung Melayu, korban dari tindakan teroris, bisa menyasar pada semua orang. Kapolres menambahkan bahwa Polisi tidak akan mampu untuk bertindak sendiri, mengatasi hal tersebut, tanpa bantuan dari masyarakat terutama dari tokoh – tokohnya.  Sekarang ini momentum yang sangat tepat untuk menyampaikan himbauan kepada masyarakat karena bertepatan dalam Bulan Ramadhan, saat dimana Umat Muslim sedang berpuasa. Kapolres juga berharap walaupun operasi Bina Waspada ini selesai, namun kegiatan untuk menyampaikan bahaya radikalisme tetap bisa disuarakan dan dilanjutkan. Kemudian kepada media, dapat memberitakan secara berimbang, apa – apa yang sudah dilaksanakan oleh Polres Inhil, Pemkab dan tokoh masyarakat, agar masyarakat tahu, bahwa kita sudah berbuat, untuk mengatasi persoalan tersebut.

Selanjutnya Ustadz Abdul Hamid, S.Hi, M.A, Ketua Tanfidziyah PCNU Kab. Inhil yang juga Dosen STAI Auliaurrasyidin Tembilahan, menyampaikan buah pemikiran hasil penelitiannya, bahwa Radikalisme tidak ada kaitan dengan agama, tapi selalu meminjam istilah agama. Saat ini, Radikalisme bukan lagi imajiner tapi sudah ada dalam bentuk nyata. Ustadz Abdul Hamid juga mengingatkan bahwa Inhil boleh dikata aman dari radikalisme, tapi bukan alasan untuk tidak waspada. Untuk itu ada beberapa hal yang harus dilakukan, yakni :1. Tingkatkan kewaspadaan. 2. Radikalisme harus dilawan dengan kontra radikalisme. 3. Pendekatan hukum. 4. Pendekatan sosial.

Lalu Ustadz Ruhiat S.Ag dari Kemenag Kab. Inhil mengatakan bahwa sampai hari ini, organisasi yang menganut faham kekhilafahan, tidak ada di Inhil, tapi ideologi tentang hal tersebut, sudah mulai muncul. Juga sudah muncul aliran yang menyalahkan kegiatan yang dilakukan kelompok lain. Ustadz Ruhiat juga menginformasikan bahwa sejauh ini pondok pesantren yang ada dalam binaan Kemenag Kab. Inhil, tidak terdeteksi melakukan kegiatan yang menyimpang. Selain itu, Ustadz juga berharap pertemuan seperti ini bisa rutin dilakukan secara berkala

Erwandi dari Badan Kesbagpolinmas Kab. Inhil, menyatakan bahwa beberapa organisasi yang sekarang jadi sorotan, tidak terdaftar secara resmi di Inhil, tapi menurut informasi yang diterima pihaknya, mereka ada. Erwandi mengatakan organisasi yang bisa dipantau oleh Badan Kesbangpolinmas adalah organisasi terdaftar secara resmi di instansinya.

Pada intinya, para Tomas, Toda dan Toga, mendukung Polres Inhil untuk memberantas radikalisme dan berharap pertemuan ini diadakan secara berkala, dan kalau bisa diadakan juga sampai tingkat Kecamatan. Senada dengan itu Effendi Aqil, Pemimpin Redaksi Posmetro Indragiri mengatakan bahwa pihaknya siap mendukung kegiatan tersebut, bahkan medianya telah menyediakan tempat di halaman pertama, bagi mereka yang berniat untuk menyumbangkan tulisan di Pos Metro Indragiri.

Sebagai penutup Kapolres menyatakan bahwa kesimpulan dari pertemuan ini adalah, bahwa semua pihak harus bahu membahu membangun benteng yang kuat untuk menangkal masuknya paham – paham radikal. Silaturahmi  Kamtibmas Penanggulangan Radikalisme Polres Inhil, diakhiri dengan foto bersama.

20170531092616_IMG_8525

Penulis   : Heriman Putra

Editor     : Umi Fadillah

Publish   : Heriman Putra

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password