Upaya Preventif, Sat Narkoba Polres Seram Bagian Timur Bentuk Duta Anti Narkoba.

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku/Polres SBT, Permasalahan pedaran dan penyalahgunaan narkoba di Indonesia sudah sangat meresahkan bahkan mengancam kelangsungan hidup generasi muda dari berbagai lapisan masyarakat.

WhatsApp Image 2017-05-30 at 4.45.13 PM

Jika penyalahgunaan narkoba ini tidak ditangani secara serius maka akan berdampak terhadap kelangsungan hidup generasi muda yang akan kehilangan kuantitas dan kualitas.

Olehnya itu, Sat Res Narkoba Polres SBT melakukan upaya terobosan kreatif dengan membentuk duta anti narkoba yang terdiri dari kalangan Mahasiswa / pelajar, PNS, Unsur Pemuda / Karang Taruna, Tokoh Agama dan dari berbagai lapisan masyarakat se-Kota Bula.

Kegiatan pembentukan duta anti narkoba Polres SBT dibuka secara resmi oleh Kapolres SBT AKBP F.X. ENDRIADI, S.Ik., dan dilaksanakan dalam 2 ( dua ) tahap yakni tahap pertama diikuti oleh kalangan mahasiswa dan pelajar sekolah se Kota Bula sebanyak 31 ( tiga puluh satu ) peserta dan tahap kedua diikuti oleh PNS, Unsur Pemuda / Karang Taruna, Tokoh Agama dan dari berbagai lapisan masyarakat se Kota Bula sebanyak 30 ( tiga puluh ) peserta.

Di dalam tahap pembentukan duta anti narkoba tersebut para peserta dibekali pengetahuan terkait bahaya laten narkoba  yang diawali dengan  gambaran umum tentang pembentukan duta anti narkoba oleh Kasat Res Narkoba Polres SBT AKP SIN H. SABAAR, dilanjutkan dengan pembekalan materi undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika oleh Bripka Samsul Bugis, Selanjutnya penjelasan tentang jenis-jenis narkoba dan dampak penyalahgunaan oleh Bripka A.H. Ashar, dan diakhiri dengan penjelasan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, cara / strategi membantu penegakan hukum dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekolah dan keluarga oleh Brigpol Chairil Lewenussa.

Pada kesempatan tersebut Kasat Res Narkoba Polres SBT mengatakan bahwa “setelah kegiatan pembentukan tersebut para duta diharapkan dapat bersinergis dengan Polres SBT karena para duta merupakan perpanjangan tangan dari Polres SBT dalam rangka memberikan pemahaman tentang bahaya laten narkoba kepada sesama pelajar, anggota keluarga terdekat maupun masyarakat di lingkungan sekitar tempat tinggal para duta serta selalu tanggap untuk melaporkan jika ada penyalahgunaan narkoba yang diketahui guna mewujudkan wilayah hukum Polres Seram Bagian Timur bebas narkoba dengan semboyan PEDULI,TANGGAP DAN SAY NO TO NARKOBA” begitu imbuhnya.

Penulis  : Sin H. Sabaar
Editor    : Umi Fadilah
Publish  : Rifan Tulak

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password