Cegah Aksi Balapan Liar, Polres Luwu Gandeng Personel TNI Berjaga Dititik Rawan Balapan

Tribratanews.polri.go.id – Luwu Sulsel, Mencegah balapan liar (Bali) yang mulai marak selama bulan suci ramadhan, Polres Luwu mengerahkan sejumlah personel berjaga dibeberapa titik yang biasa digunakan untuk balapan liar, Selasa (30/5/17).

Kali ini Polres Luwu menggandeng personel TNI sebagai bentuk sinergitas dalam pencegahan balapan liar.

Kabag Ops Polres Luwu Kompol Herman Paral memimpin langsung apel gabungan untuk berpatroli mencegah balapan liar di Jalur dua depan Kantor Bupati Luwu.

Sementara itu di wilayah Polsek Suli, sejumlah personel Polsek Suli dan Satlanas Polres Luwu bersama anggota TNI Koramil Suli telah berjaga di Tugu pertigaan Suli Kab. Luwu.

Kepada masyarakat Luwu, Kompol Herman Paral menghimbau kepada pemuda yang hobi balapan liar agar tidak melakukannya, selain membahayakan diri sendiri juga terhadap pengguna jalan lainnya.

Balapan liar adalah kegiatan beradu cepat kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil, yang dilakukan diatas lintasan umum. Artinya kegiatan ini sama sekali tidak digelar dilintasan balap resmi, melainkan di jalan raya. Biasanya kegiatan ini dilakukan pada tengah malam sampai menjelang pagi saat suasana jalan raya.

Tidak jarang dari kegiatan yang mereka lakukan ini berawal dari rasa iseng atau persaingan untuk memperoleh sesuatu hal, mengadu kecepatan motor yang dimilikinya, berebut pacar atau uang yang dipertarukan sebagai tujuan dari kegiatan lomba liar ini. Usia muda yang belum sampai berfikir 2 kali akan sebab dan akibatnya jika terjadi pada diri mereka.

Sebelum melakukan lomba balapan liar sepeda motor biasanya mereka terlebih dahulu mengadakan perjanjian untuk melakukan di suatu tempat, setelah itu mereka mempersiapkan dan memperbaiki kendaraannya, menambah dan memodifikasi motornya agar bisa berjalan secepat mungkin dalam balapan liar tersebut.

Adapun yang menyebabkan remaja masuk kedalam dunia balap liar ada beberapa faktor diantaranya.

  1. Tidak mempunyai seorang panutan dalam memahami nilai- nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.
  2. Pengaruh lingkungan kehidupan social yang tidak baik seperti lingkungan yang dekat dengan arena balap.
  3. Memiliki hobby bahkan potensi untuk menjadi pembalap namun bakatnya tidak bisa disalurkan karena minimnya dana yang dimiliki dan arena balap yang kurang memadai.

Selain itu beberapa akibat dari balapan liar cukup mengkhawatirkan diantaranya.

  1. Kematian

Pembalap sangat mudah kecelakaan karna mereka melaju dengan kecepatan tinggi, apabila ada kelalaian sedikit, yang terjadi adalah kecelakaan. Kecelakaan itupun relatif keras sehingga akibat nya adalah kematian.

  1. Nilai Pendidikan

Nilai Pendidikan Rendah Balapan liar relatif selalu di lakukan di malam hari, ini menyebabkan para siswa tidak belajar. Nilai mereka pun rendah daripada siswa yang tidak mengikuti balapan liar.

  1. Dijauhi lingkungan sosial

Kebanyakan siswa-siswa yang mengikuti balapan liar ialah siswa yang nakal, otomatis lingkungan sosial/ masyarakat menjauhi mereka karena rasa tidak senang.

Penulis : Abu Uwais

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password