Operasi Pekat, Polsek Jawai Amankan Penjual Miras Jenis Arak

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar -Polres Sambas. Dalam rangka Operasi Pekat 2017 Polsek Jawai melakukan penangkapan terhadap penjual Minuman Keras Jenis Arak. Senin (29/05/2017) sekira jam. 17.00 Wib. di Wilkum Polsek Jawai.

Selanjutnya dibuatlah Laporan Polisi Berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP/ 158 / V / 2017 /Kalbar / Res Sambas /Polsek Jawai tanggal 29 Mei 2017, tentang telah terjadi dugaan Tindak Pidana Ringan ” Menjual/ Mengedarkan Minuman Beralkohol Jenis Arak Tanpa Ijin di Wilkum Polsek Jawai”

Dalam hal ini Kapolsek Jawai Iptu Prambudi memerintahkan Brigpol Pusma bersama-sama dengan Brigpol Atur Wisono Agung dan Brigpol Farid Munandar, untuk melakukan penyelidikan sehingga terjadilah penangkapan tersebut.

Adapun penjual Miras yang tertangkap adalah Sdr. Hin Khiong Als Kiong, Sentebang 24 Juni 1965, Kristen, Wiraswasta, Almt Dsn. Sentebang Selatan Rt.26 Rw.08 Ds.Sentebang Kec.Jawai.

Kronologis tertangkapnya Penjual Miras kali ini hari Senin tanggal 29 Mei 2017 sekira jam 16.00 Wib, berdasarkan informasi dari masyarakat tentang adanya penjualan/ peredaran minuman beralkohol di wilayah Desa Sentebang Barat Kec.Jawai.

Dari informasi tersebut, Personil Polsek Jawai melakukan penyelidikan dan memang benar Sdr. Kiong menjual Miras jenis Arak. Selanjutnya ditangkap dan di bawa ke Mapolsek Jawai untuk proses lebih lanjut.

Brigpol Pusma menjelaskan barang bukti yang didapat atas penangkapan terhadap Sdr. Kiong kali ini adalah 1 (satu) Krat Trio Extra Stout yang berisikan 22 Kaleng, 1 (satu) Krat Oranjeboom yang berisikan 21 Kaleng dan 7 (tujuh) btl dengan ukuran 600 ml yang berisikan kemasan minuman beralkohol Jenis Arak Putih.

Pasal yang dipersangkakan terhadap Sdr. Kiong yaitu Pasal 15 ayat (1) PERDA Kab Sambas No. 3 Tahun 2009 Perubahan Atas PERDA Kab Sambas No. 2 Tahun 2004.

Tindakan selanjutnya yang kami lakukan yaitu Melakukan pemeriksaan terhadap saksi – saksi, Melakukan pemeriksaan terhadap terlapor dan Koordinasi dgn JPU dan PN Sambas terkait sidang tipiring tentang kapan dilaksanakannya sidang tipiring.
Operasi pekat ini dilaksanakan di Bulan Suci Ramadhan 1438 H, dimaksudkan agar tidak adanya gangguan saat umat muslim menjalankan ibadah akibat dari minuman keras jenis Arak seperti sekarang ini. Terang Pusma

Penulis : Cahyo
Editor : Umi Fadhilah/Sugeng Hs
Publis : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password