Polda Bali Gelar Ujian Akademik untuk Calon Anggota Polri Tamtama

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Peserta seleksi calon anggota Polri Tamtama tahun 2017 mengikuti ujian akademik di Gedung Kemala Hikmah Polda Bali, Selasa (30/5). Ujian akademik diikuti 45 peserta yang sebelumnya sudah lulus mengikuti tes jasmani. Pelaksanaan kegiatan ini diawasi langsung Kabag Binkar Polda Bali AKBP M. Samsu Arifin, S.I.K., M.H., Pengawas Internal dan Eksternal.

Sebelum tes dimulai, Panitia Penerimaan Daerah Bali melakukan registrasi kepada para peserta. Peserta wajib menjawab 100 soal dari setiap materi tes yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Pengetahuan Umum. Pada Soal Pengetahuan Umum, peserta diberikan 100 soal yang terdiri dari 10 mata pelajaran yaitu Kimia, Muatan Lokal, Sosiologi, Fisika, Geografi, Ekonomi, Sejarah, PPKn, Biologi dan Matematika. Panitia menyediakan waktu 90 menit untuk menjawab 100 soal tes tersebut.

AKBP M. Samsu Arifin, S.I.K., M.H. mengatakan pelaksanaan ujian akademik untuk calon anggota Polri Tamtama dilaksanakan selama dua hari. Hari pertama peserta menjawab soal Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, sedangkan hari kedua peserta menjawab soal Pengetahuan Umum. Peserta akan mengisi pilihan jawabannya, pada lembar jawaban komputer (LJK). Selanjutnya LJK tersebut akan di scan dan hasil nilai dapat diketahui secara langsung oleh para peserta.

“Pelaksanaan ujian ini sangat bersih, transparan, akuntabel, humanis dan obyektif serta clean and clear. Para peserta harus berjuang sendiri agar bisa lulus menjadi anggota Polri. Usai melaksanakan ujian akademik, peserta yang memenuhi syarat melalui sistem perangkingan akan mengikuti tes pemeriksaan kesehatan tahap II,” ujar Kabag Binkar Polda Bali AKBP M. Samsu Arifin, S.I.K., M.H.

Penulis : Bina Wartawan

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Adhitya Yoga

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password