Lagi, Polda Jatim Berhasil Gagalkan Penyelundupan Baby Lobster Ke Luar Negeri

Tribratanews.polri.go.id-Polda Jawa Timur, Ditreskrimsus Polda Jatim berhasil menggagalkan penyelundupan benih lobster senilai Rp 10 miliar yang rencananya akan di kirim ke Vietnam. Kasus ini melibatkan dua pengepul ditetapkan sebagai tersangka.

“Sebanyak 50 ribu ekor lebih  benih lobster  jenis mutiara disita anggota Ditreskrimsus Polda Jatim, dari dua pengepul Suyanto dan Mispan di Trenggalek, Jawa Timur. Mereka ditangkap karena menyelundupkan benih lobster yang harusnya tak boleh diperjualbelikan karena ukurannya masih terlalu kecil,”  jelas Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera, Senin (29/5/2017).

benur

Modus pelanggaran yang di lakukan, pelaku penyelundupan membeli ribuan benih benur dari nelayan, di kawasan pantai, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek. Setelah terkumpul benih lobster ini kemudian dimasukkan kedalam kantong plastik yang sudah diberi oksigen dan dikemas dalam kardus sterofom.

Kardus berisis benih lobster ini lalu dikirim ke pemesan di daerah pasuruan dan  banyuwangi untuk selanjutnya dikirim ke vietnam.

Tingginya permintaan pasar  terhadap lobster,   membuat harga jual benur melambung tinggi. Satu benih lobster mutiara dihargai Rp 35 ribu. Sedangkan untuk lobster besar dihargai Rp 300 ribu perekor. Tingginya harga jual ini pun membuat para pelaku penyelundupan tergiur mengirim lobster ke luar negeri, seperti China, Singapura dan Vietnam.

Akibat penangkapan dan penyelundupan benih lobster ini,  negara dirugikan sepuluh miliyar rupiah. Kedua pelaku penyelundupan ini akan dijerat dengan undang – undang nomor 31/2004 tentang perikanan dengan ancaman hukuman delapan tahun dan denda 1,5 miliar rupiah. Untuk menjaga habitatnya, rencananya benih lobster ini akan dilepaskan di kawasan pantai Probolinggo Jawa Timur.

Penulis     : Herry

Editor       : Umi Fadilah

Publish     : Sugeng P

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password