Cegah Uang Palsu, Bank Indonesia dan Polda Diminta Gerak Cepat

Tribratanews.polri.go.id- Polda Kalsel dan seluruh Polda se Indonesia akan dirangkul Bank Indonesia (BI) guna mewaspadai peredaran uang palsu menjelang hari raya Idul Fitri yang jatuh di akhir Juni tahun ini. Langkah bank sentral melalui kerja sama dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) harus segera dilakukan dengan cepat dan cermat. Agar upaya peredaran uang palsu tak terjadi.

Upaya ini disambut baik, karena memang mendekati lebaran, rentan dimanfaatkan pihak yang tak bertanggung jawab melakukan modus peredaran uang palsu dilakukan. “Langkah strategis kami nilai tepat, Polri bersama bank sentral melakukan kerja sama. Untuk itu harus gerak cepat, karena peredaran uang palsu jelas meresahkan masyarakat,” tegas Ervansyah Anandata Koordinator Borneo Watch Kalimantan, Selasa.

Seperti diketahui, Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, BI dan Polri akan mengantisipasi potensi peredaran uang palsu tersebut. Agus mengaku, dirinya bersama dengan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Tito Karnavian akan menggelar video konferens 5 Juni mendatang untuk memberikan arahan kepada seluruh BI perwakilan di daerah dan Kepolisian Daerah terkait hal tersebut.

“Untuk bisa mempersiapkan diri sehubungan dengan jangan sampai ada uang palsu yang beredar atau bentuk-bentuk fraud di money changer atau perusahaan transfer dana atau perusahaan pengelolaan kartu debit atau kredit akan kami lakukan briefing,” kata Agus saat bincang-bincang di kantornya, Senin (29/5) malam.

Sebagaimana diketahui, BI telah menyiapkan tambahan uang tunai beredar sebesar Rp 167 triliun untuk kebutuhan puasa dan menjelang Idul Fitri tahun ini. Jumlah tersebut naik sekitar 14% dibanding tahun lalu.

“Ini sudah kami siapkan dan kami distribusikaakan n ke seluruh kantor-kantor kami. Kami mempersiapkan diri dengan baik supaya masyarakat yang masuk ke ramadan ini bisa memperoleh kecukupan uang tunainya,” tambah Agus.

penulis  : Yudha

editor     : Umi Fadilah

publish  : Hamsan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password