Hanya Butuh Satu Jam, Resmob Polres Bone Tangkap Pelaku Pencurian Hp

Tribratanews.polri.go.id – Bone Sulsel, Diduga curi handphone (Hp) Seorang anak di bawah umur di jalan Gatot Subroto kompleks Islamic Center Kelurahan Biru, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, digelandang oleh Tim Reserse mobile (Resmob) unit 1 Polres Bone, Senin (29/5) sekira pukul 17.00 Wita.

Pelaku diketahui berinisial IQ alias BL Bin RN (15) warga Koppe Desa Liliriawang Kecamatan Bengo Kabupaten Bone. Usai diintrogasi, dihadapan petugas mengaku telah mencuri satu unit Hp Samsung.

Bermula pada (29/5) pukul 16.00 Wita korban Sabri (28) menyambangi Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) untuk melaporkan pencurian yang terjadi di rumahnya di jalan Majang Kecamatan Tanetd Riattang Barat Kabupaten Bone.

Menerima laporan tersebut, aparat berpakaian pereman yang dipimpin Ipda Putut Yudha Pratama langsung melakukan penyelidikan. Hanya berselang satu jam, kasus pencurian Hp akhirnya terungkap.

“IQ masuk kedalam rumah korbannya dengan mencungkil dan melewati jendela kamar dan menggasak satu unit Hp,” ucap Kanit Resmob Unit 1 Polres Bone Ipda Putut Yudha Pratama, Stk

Dari tangan IQ, Aparat berhasil menyita barang bukti berupa satu unit Hp Samsung Galaxy 7 Prime warna hitam.

Kepala Kepolisian Resort Bone Akbp Muhammad Kadarislam Kasim, SH SIK M.Si membenarkan penangkapan tersebut,

“Pelaku yang masih duduk dibangku sekolah telah kami amankan, dan kini tengah menjalani proses hukum di polres Bone” kata Kadarislam

“Terimakasih kepada anggota di lapangan yang terbilang cepat mampu mengungkap kasus pencurian,” tambahnya.

Faktor apa yang menyebabkan tindakan kriminalitas seperti pencurian, perampokan, pencopetan, jambret dan lainnya dari aspek sosial-psikologi adalah faktor endogen dan eksogen. Faktor endogen adalah dorongan yang terjadi dari dirinya sendiri. Jika seorang tidak bijaksana dalan menanggapi masalah yang barang kali menyudutkan dirinya, maka kriminalitas itu bisa saja terjadi sebagai pelampiasan untuk menunjukan bahwa dialah yang benar.

Sementara faktor eksogen adalah faktor yang tercipta dari luar dirinya, faktor inilah yang bisa dikatakan cukup kompleks dan bervariasi. Kesenjangan sosial, kesenjang ekonomi, ketidak-adilan dan sebagainya, merupakan contoh penyebab terjadinya tindak kriminal yang berasal dari luar dirinya.

Pengaruh sosial dari luar dirinya itu misalnya, ajakan teman, tekanan atau ancaman pihak lain, minum-minuman keras dan obat-obatan terlarang yang membuat ia tidak sadar. Hawa nafsu yang sangat hebat dan kuat, sehingga dapat menguasai segala fungsi hidup kejiwaan. Sebab pengaruh ekonomi misalnya karena keadaan yang serba kekurangan dalam kebutuhan hidup, seperti halnya kemiskinan akan memaksa seseorang untuk berbuat jahat.

Kemiskinan merupakan penyebab dari revolusi dan kriminalitas. Kemiskinan diartikan sebagai suatu keadaan dimana seseorang tidak sanggup memelihara dirinya sendiri sesuai dengan taraf taraf kehidupan kelompok dan juga tidak mampu memanfaatkan tenaga mental maupun fisiknya dalam kelompok. Selain itu, faktor seseorang mencuri karena adanya kesempatan untuk menjadi pencuri.

Faktor lain sehingga seseorang mencuri, mencopet atau melakukan tindak kriminalitas adalah kehendak ingin bebas, keputusan yang hedonistik, dan kegagalan dalam melakukan kontrak sosial. Termasuk juga atavistic trait atau sifat-sifat anti-sosial bawaan sebagai penyebab perilaku kriminal. Faktor lainnya adalah hukuman yang diberikan pada pelaku tidak proporsional atau tidak memberikan efek jera.

Kriminalitas tidak bisa dihilangkan dari muka bumi ini. Adapun yang bisa dilakukan hanya mengurangi terjadinya aksi kriminal, melalui tindakan-tindakan pencegahan. Membatasi kesempatan seseorang bisa mencegah terjadinya tindakan kriminal untuk mencuri.

Kalau pencuri akan melewati pintu masuk dan kita sudah menguncinya, tentunya cara itu termasuk mengurangi kesempatan untuk mencuri. Jika seseorang pelaku aksi jambret atau copet mengambil sesuatu dari diri kita tanpa diketahui, sebaiknya menyimpan sesuatu (barang pada posisi yang mudah kita lihat, ini merupakan cara untuk mengurangi/menghindari terjadinya aksi kejahatan pada diri kita.

Penulis : Sumarwan

Editor : Umi Fadilah

Admin Polri54010 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password