Gempa Bumi 6,6 SR Guncang Poso

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulteng, akibat gempa yang dirasakan hampir di seluruh wilayah Sulteng, beberapa bangunan di Poso dikabarkan runtuh akibat gempa, Sabtu malam, (29/5/2017) pukul 22.35 WITA

IMG-20170529-WA0182Hasil analisa BMKG menunjukan bahwa gempabumi terjadi dengan kekuatan M=6.6 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 1.33 LS dan 120.41 BT pada kedalaman 10 Km.

“Tadi gempanya kencang sekali dan lama digoyang. Makanya masyarakat ini trauma. Ini banyak sekali yang lari ke gunung,” kata Muliadi, masyarakat Desa Bega, Poso Pesisir.

Dari data yang didapatkan Tribratanews juga, memang gempa terasa sangat keras hingga mengakibatkan parkiran Polsek Lage roboh.

Petrus Demon Sili, M.Si, Kepala Stasiun Geofisika Klas I Palu mengatakan bahwa peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan kuat dirasakan hampir diseluruh wilayah Sulteng.

IMG-20170529-WA0185“Di daerah Torue dan Poso, dalam skala intensitas II SIG BMKG atau (V MMI), Palu dan Sigi, dalam skala intensitas II SIG BMKG atau (III-IV MMI), Toli-Toli, Pasang Kayu dan Tana Toraja, dalam skala intensitas II SIG BMKG atau (III MMI), Gorontalo, Boalemo dan Bone Bolango, dalam skala intensitas I SIG BMKG atau (II-III MMI), Palopo, Masamba dan Balikpapan, dalam skala intensitas I SIG BMKG atau (II MMI)” jelas Petrus Demon Sili, M.Si.

Hingga saat ini pihak Tribratanews masih mencari data pasti terkait informasi yang didapatkan bahwa ada bangunan-bangunan lain yang roboh.

Penulis: Hernawan Saputra

Editor : Umi Fadilah

Publish : Alam / Veri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password