Polres Sleman Ringkus Pelaku Sindikat Pencurian Sepeda Motor

Tribratanews.polri.go.id  -jogja- Polres Sleman meringkus  sindikat pencurian spesialis sepeda motor, ada tiga tersangka yang ditahan, dua pelaku pencurian bermotor dan satu diantaranya adalah penadah, dan satu tersangka masih dalam pemburuan petugas.  Ke empat pelaku tersebut berinisial  H.Sus alias Gendruk; H.Sup alias Kenthi; ArSus alias Pete sebagai penandah dan L alias G pelaku pencurian yang masih buron.

Kronologis pengungkapan kasus pencurian berawal dari kasus pencurian dengan pemberatan (curat) yang dialami oleh saudari Astuti warga Purwomartani Kalasan, motor maticnya dicuri Minggu (7/5/2017).

“Berawal pengembangan kasus pencurian yang dialami Ibu Astuti, sindikat pencurian sepeda motor ini kita ungkap,” Ujar Kapolres Sleman AKBP Burkan Satria, S.I.K saat memberikan keterangan pers release di Mako Polres, Senin (29/5/2017).

Kapolres Sleman menambahkan,  dari laporan Ibu Astuti yang masuk ke Polsek Kalasan, Petugas bergerak dan berhasil mengamankan H.Sus. alias Gendruk di SPBU Gamping Sleman, Rabu (24/5/2017). Saat di SPBU tersebut, petugas berhasil mengamankan sepeda Motor yang dilaporkan hilang oleh Astuti Yani. Dari H.Sus. tersebut kemudian berhasil diamankan H.Sup. alias Kenthi.  Dari H.Sup. petugas berhasil mengamankan tiga unit sepeda motor lainnya, Vario Hitam, Suzuki FU Hitam, dan Mio Hijau. Ketiga sepeda motor ini sedang dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui identitas aslinya.

Tersangka H.Sus. alias Gendruk ternyata juga melakukan pencurian pada sepeda motor GL tahun 2007 yang dilaporkan hilang oleh Nicholas Pamudya, warga Sukoharjo Ngaglik beberapa hari yang lalu, Minggu (21/5/2017).

Dari tangan H.Sus. penyidikan dikembangkan hingga kemudian berhasil diidentifikasikan dua pelaku lainnya, L alias G warga Tlogo Prambanan, Klaten Jateng dan Ar.Sus. alias Pete, warga Klaten.
Ar.Sus.  bersama belasan baran bukti berhasil diamankan oleh petugas, sedangkan L alias G masih dalam pencarian.

Menurutnya,  pada kasus curanmor, hasil penangkapan yang dilakukan oleh Satreskrim Polres Sleman kali ini bisa dikatakan besar.

“Hal ini tidak lepas dari pengembangan atas kasus curat di atas,” pungkasnya.

curat sleman 1

Kasat Reskrim AKP Rony Are Setia, S.I.K., dan didampingi Kasubbag Humas AKP Haryanta turut menambahkan tersangka berinisial Ar.Sus. berperan sebagai penadah, dan dari rumahnya diamankan sebelas unit sepeda motor dan beberapa kerangka dan mesin sepeda motor dan BB lainnya.

“Dari belasan barang bukti yang didapat, ada satu barang bukti berupa roda empat yang diduga hasil dari penjuala onderdil sepeda motor curian,” Ujar AKP Are Setia.

Berikut data barang bukti sepeda motor hasil curian ketiga pelaku :

  1. Satu unit merk Honda GL 160 D thn 2007 hitam biru, Noka: MH1KC12177K033193, Nosin: KC12E-1032826 dengan plat No Pol terpasang AB-6175-JQ.
  2. Satu unit Suzuki satria FU hitam,No Pol terpsg AD-3183-ADC.
  3. Satu unit Honda Beat putih,No Pol terpsg AB-2442-UA.
  4. Satu unit Honda beat Hitam,No Pol terpsg AB-3688-IJ.
  5. Satu unit Honda Beat Putih,No Pol terpsg AB-4392-PJ.
  6. Satu unit Honda beat Hitam,No Pol terpsg AB-6109-OF.
  7. Satu unit Honda CB Hijau,No Pol terpsg H-6429-OF.
  8. Satu unit Honda CB 150R merah,No Pol terpsg AB-5385-WJ.
  9. Satu unit Honda mega pro Hitam tanpa Plat nomor Polisi.
  10. Satu unit Honda Supra X Biru,No Pol terpsg AB-2707-VD.
  11. Satu unit Honda Vario CBS Hitam,No Pol terpsg AB-6247-GY.
  12. Sebelas rangka sepeda motor berbagai tipe.
  13. Delapan glondongan mesin spm berbagai merk.
  14. Satu karung Plat Nomor berbagai jenis kendaraan.
  15. Serta berbagai macam onderdil spm yang sudah terpisah pisah.
  16. Satu unit mobil Daihatsu Pick Up HitamNo Pol AB 9687 WE (diduga hasil keuntungan penjualan onderdil sepeda motor hasil curian).

    penulis : Rendra
    editor : Kang Iqbal
    publish : jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password