Polisi Mediasi Kasus Pemalangan Pembangunan Perumahan Kesra di Onggari, Merauke

Tribratanews.polri.go.id.- Polres Merauke, – Kapolsek Kurik IPTU I Negah S.Gafar, S.Sos dan anggotanya melakukan Mediasi kasus pemalangan Pembangunan Perumahan Kesra. (29/5/2017).

“ Terkait pemalangan pembangunan perumahan kesra sebanyak 70 unit dan sudah mencapai 80 % akhir juni sudah rampung.” Ujar I Nengah.

Kemarin Minggu (28/5) jam 11.00 wit telah dilakukan pertemuan atau mediasi antara pihak pemalang dari kelompok Bamuskam Onggari dan kelompok Kepala Kampung yang menuntut supaya tidak dipalang.

Setelah dilakukan mediasi antara kedua belah pihak Kapolsek Kurik beserta anggota mengajak untuk membicarakan masalah tersebut di kediaman Kepala Kampung Onggari untuk mencari solusi dan memberikan penjelasan pemalangan tersebut.

Kelompok Pemalang dari Bamuskam Onggari meminta tuntutan agar pemerintah menyelesaikan ganti rugi hak ulayat tanah sebesar 30 %. Penjelasan dari kepala kampung bahwa pembangunan rumah ini murni dari pemerintah untuk diserahkan kepada masyarakat, masyarakat telah mengibahkan tanah tersebut seluas 4 hektar kepada pemerintah pusat dalam hal ini dari kementerian perumahan rakyat dan setelah jadi maka rumah tersebut akan diserahkan kembali kepada masyarakat utk dipergunakan atau dijadikan tempat tinggal.

Kelompok pemalang bersikeras untuk tetap minta ganti guri tanah hak ulayat tersebut sebesar 30 %. Kapolsek kurik menjelaskan dari segi keamanan dan ketertiban terhadap kampung onggari dan memberikan pemahaman tentang dampak kerugian dari pemalangan tersebut dan manfaat dari pembangunan rumah tersebut serta dibantu dengan penjelasan dari pihak kontraktor an. Bpk Ansar.

Sehingga pada jam 14.30 wit disepakati bahwa palang tersebut akan dibuka dengan syarat kelompok pemalang untuk dipertemukan dengan Bupati Merauke mempertanyakan masalah konvensasi ganti rugi hak ulayat yang difasilitasi oleh kontraktor. Pada jam 15.00 wit palang menuju areal pembangunan perumahan bantuan dari kementerian perumahan rakyat yang berjumlah 70 unit dibuka oleh masyarakat. Selama pertemuan dan pembukaan palang tersebut berjalan aman dan lancar.

Penulis : Andre

Editor : Umi Fadilah

Publish : Vickhy Merani

Admin Polri56599 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password