Polda Jatim Ungkap 50.311 Benur Ilegal

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jawa Timur, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera bersama Disperindag gelar kasus penangkapan benur ilegal,  Senin (29/5/2017). Kasus ini diungkap Ditreskrimsus Polda Jatim dan mengamankan tersangka warga Dusun Jakerto Desa Ngebeng Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek , berinisial S (34) alamat Dusun Jakerto Desa Ngebeng Kecamatan Panggul Trenggalek dan MS (38) alamat Desa Sumberejo Kecamatan Sudimoro Kabupaten Pacitan.

Tersangka S (pengepul) membeli benur dari nelayan tersangka MS seharga Rp 6000,- per ekor jenis pasir dan Rp 35.000,- per ekor untuk jenis mutiara. Benur dikemas dalam plastik berisi air laut dan oksigen kemudian dimasukkan dalam styrofoam untuk dijual kepada pengepul yang lebih besar. Akibat kasus seperti ini Negara dirugikan akibat dari penangkapan dan penjualan benur ilegal sebesar kurang lebih Rp 10.062.200.00,- (sepuluh milyar enam puluh dua ratus ribu rupiah).

Barang bukti yang diamankan diantaranya 50.311 ekor benur , 5 buah seteropoam , nota dan buku pencatatan penjualan benur , 105 plastik pembungkus benur , 2 buah HP

 

Penulis : Tim
Editor   : Umi Fadilah
Publish : Sholeh Hs

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password