Cegah Terorisme di Grobogan, Bhabinkamtibmas Dikedepankan Sebagai Deteksi Dini

Tribratanews.polri.go.id, Grobogan – Aksi serangan teroris yang terjadi di sejumlah wilayah membuat Polres Grobogan lebih meningkatkan kewaspadaan. Kapolres Grobogan, AKBP Satria Rizkiano SIK MSi MM mengatakan aksi terorisme dan radikalisme masih terjadi belakangan ini.

“Peran RT dan RW di wilayah juga sangat penting, kalau ada orang yang tidak dikenal bertamu lebih dari 24 jam harus segara di data,” tegasnya.

Tak hanya itu, kata dia, seluruh jajaran Bhabinkamtibmas yang berada di wilayah Kabupaten Grobogan pun harus tetap berkordinasi dengan para ulama dan tokoh agama setempat.

Karena itulah, Kapolres Grobogan memaksimalkan peran Bhayangkara Pembina Kamtibmas (Bhabinkamtibmas) guna mencegah berkembangnya teroris di lingkungan masyarakat di wilayah hukumnya. Terduga teroris biasanya tinggal dan berbaur dengan lingkungan masyarakat.

Lebih lanjut dia mengatakan, kontrakan dan kos-kosan harus tetap dipantau untuk mengantisipasi masuknya pelaku radikalisme dan terorisme yang dapat menganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Anggota polisi yang bertugas di tengah-tengah masyarakat itu telah diinstruksikan untuk mendeteksi dini orang-orang mencurigakan di wilayahnya.

“Semua polisi harus mampu mengemban fungsi intelijen, harus bisa sebagai antena. Manakala ada informasi tentang orang mencurigakan, itu harus segera dilaporkan,” kata AKBP Satria.

Polisi di setiap polsek juga sudah diinstruksikan untuk secara rutin berpatroli di wilayahnya. “Kegiatan-kegiatan masyarakat dimonitoring bekerja sama dengan RT, RW, dan Babinsa yang ada di wilayah tersebut,” katanya.

Agar, orang atau kelompok yang ingin memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia ruang geraknya bisa dipersempit.

“Ini perlu diantisipasi dan jangan diremehkan, saya juga minta tingkatkan kordinasi dengan seluruh elemen masyarakat dan para tokoh agama,” pungkasnya.

Penulis : Teddy

Editor : Umi Fadillah

Publish : Nur

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password