Polisi Ikut Partisipasi Persiapan Deklarasi Stop Buang Air Sembarang Di Kab. Jayapura

Tribratanews.polri.go.id Polda Papua, Polres Jayapura – Bertempat di Kampung Asei Pulau Distrik Sentani Timur telah dilaksanakan rapat persiapan deklarasi dalam rangka aksi menuju Kabupaten Jayapura Stop Buang Air Besar Sembarang. Sabtu 27/5/2017.

Hadir dalam rapat tersebut diantaranya Kepala Distrik Sentani Timur Steven Ohee. S.Ip., Kapolsek Sentani Timur IPTU Lambertus L. Sattu.SH., Waka Polsek Sentani Timur Ipda Absalom Tokoro, Was Office M. Afrianto Kurniawan selaku ketua tim, Wash Consultant Imam Santoso, Wash Distrik Jayapura Golio Burnabes, Dinas Kesehatan Kab. Jayapura Wasik Somaparwiro, Perawat Puskesmas Harapan Erni Andarias, Kepala Kampung Asey Besar Marthen Ohee, Kepala Kampung Nolokla Oktovianus Puhiri, Kepala Puskesmas Kanda Nimbrot Tabisu dan Kepala Kampung Yokiwa Barnabas Awaitouw.

WhatsApp Image 2017-05-27 at 20.28.41

Ketua Tim M. Afrianto Kurniawan dalam sambutannya menyampaikan yang akan kami bahas adalah kesiapan akhir dari kegiatan deklarasi larangan buang air sembarang, laporan hasil pelaksanaan verifikasi 12 kampung, yang sudah lolos verifikasi sebanyak 5 kampung dan 7 kampung yang belum lolos verifikasi salah satunya kampung Asei Pulau ini.

“Kami Harapkan partisipasi masyarakat dan para kepala kampung dapat memberikan masukan dan penyelamatan danau sentani dari pencemaran akibat buang air besar sembarang yang berdampak bagi kesehatan sehingga membangun semangat buat kampung lain berusaha menjaga kebersihan,”ucap Ketua Tim.

WhatsApp Image 2017-05-27 at 20.28.39

“Data saat ini sudah 10.000 (sepuluh ribu) kepala keluarga yang telah menyadari dampak buang air besar sembarangan sehingga masyarakat di seputaran pesisir danau sentani untuk menjaga kebersihan dengan cara tidak membuang air sembarangan,” pungkas M. Afrianto Kurniawan.

Kesempatan ini juga Kapoksek Sentani Timur Iptu Lambertus Sattu. SH. mengajak kepada seluruh masyarakat agar bersama-sama memikirkan tentang pentingnya deklarasi ini sehingga kita perlu jaga karena buang air besar ini merupakan hal kecil.

“Untuk itu kami harapkan kepada masyarakat agar sukseskan deklarasi ini dengan cara menjadi contoh kepada kampung – kampung lain, betapa besar dan pentingnya kesehatan di danau termaksud bebas dari kotoran hewan dan sampah-sampah,” pungkas Iptu Lambertus Sattu. SH.

Untuk Deklarasi Aksi Menuju Kabupaten Jayapura Stop Buang Air Besar Sembarangan akan dilaksanakan tanggal 31 Mei 2017.

Penulis : Andi/Marthen
Editor  : Umi Fadilah
Publish : Marthen L E

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password