Kapolda Sulsel Umumkan 20 Peserta Calon Taruna Akpol yang Lulus Ujian Akademik

Tribratanews.polri.go.id – Makassar Sulsel, Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono turun langsung memantau dan mengumumkan hasil pengumuman Akademik Calon Taruna Akpol TA. 2017 di Aula Paramartha SPN Batua, Jumat (26/5/17).

Turut hadir Wakapolda Sulsel Brigjen Pol. Dr. Gatot Eddy Pramono MSi, bersama Irwasda Polda Sulsel.

Dalam rangka menggaungkan program Clean and Clear dalam perekrutan anggota Polri, Kapolda Sulsel selalu aktif memantau dan meninjau langsung kegiatan penerimaan tersebut.

“Kalah ataupun menang dalam sebuah kompetisi merupakan hal yang biasa, yang terpenting adalah tekad kita dan keyakinan kita untuk menghadapinya.” Ucap Kapolda.

Tak hentinya Kapolda Sulsel menyampaikan kepada seluruh peserta ujian untuk melaporkan jika ada oknum yang menjanjikan kelulusan pada penerimaan Polri.

“Jangan percaya apabila ada orang-orang yang ingin membantu dengan cara apapun, apalagi dengan imbalan sejumlah uang karena percayalah mereka itu penipu,” tegas Kapolda.

20 calon peserta yang lulus selanjutnya akan melaksanakan tes Kesehatan Kedua Pekan Depan.

Turut hadir pada kegiatan tersebut pengawasan dari internal maupun eksternal.

Sosialisasi mengenai prinsip BETAH (Bersih Transparan Akuntabel dan Humanis) dalam penerimaan Polri telah dilakukan jauh hari oleh Polres-Polres jajaran Polda Sulsel, seperti menyebar brosur penerimaan Polri di jalan-jalan dan rumah-rumah makan, live di radio, live di tv, masuk ke sekolah-sekolah dan lain-lain.

Komitmen untuk menerapkan prinsip BETAH terlihat saat panitia penerimaan Calon Siswa (Casis) Polri tahun 2017 jajaran Polda Sulsel diambil sumpah dan menandatangani Pakta Integritas, Selasa (21/2). Kegiatan ini dipimpin langsung Asisten Sumber Daya Manusia Kapolri, Irjen Polisi Arif Sulistianto melalui video conference (Vicon).

Agar proses seleksi anggota Polri tahun 2017 bersih dan transparan, Asisten SDM Polri, Irjen Arief Sulistyono melalui Vicon Polda se-Indonesia memerintahkan petugas seleksi untuk disumpah.

“Sumpah ini bukan kepada Kapolri, tetapi kepada Allah,” kata Irjen Pol Arief Sulistyono saat memimpin prosesi pengambilan sumpah.

“Saya berjanji bahwa saya akan menjalankan tugas seleksi penerimaan anggota polisi dengan penuh tanggungjawab, jujur, objektif dalam setiap proses penerimaan,” ucap seluruh panitia penerimaan Polri Polda Sulsel tahun 2017 secara serentak melalui Vicon.

Pengambilan sumpah ini dimaksudkan untuk menjamin transparansi dalam proses penerimaan Polri yang akan dilaksanakan oleh Polda Sulsel dalam waktu dekat ini. Bila calon diketahui berbuat kecurangan, maka akan dicatat dan dipidanakan. Dan untuk anggota Polri, akan diberikan sanksi disiplin.

Penulis : Qadri

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password