Analisa dan Evaluasi Pelaksanaan Uji Seleksi Rekruitmen Anggota Polri di Jambi

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jambi, Rabu 24/5/2017 pukul 10.00 WIB s.d selesai , bertempat di aula lantai 4 Mapolda Jambi yang di Pimpin oleh Irwasda Polda Jambi Kombes Pol Drs. EDY SUKARYO selaku Ketua Tim Pengawas  internal dan Karo SDM Polda Jambi KOMBES POL ANTHONY AGUSTINUS K,  S. I. K.,  S.H selaku ketua pelaksana penerimaan anggota Polri dilaksanakan anev uji jasmani dan rapat pelaksanaan uji akademik Akpol,  Bintara dan Tamtama Polri T. A 2017.

Anev dan rapat diawali paparan pelaksanaan uji Jasmani oleh Kabag Watpers selaku ketua Tim uji jasmani, yang mana pelaksanaan uji jasmani di ikuti oleh 712 peserta terdiri dari 24 orang peserta akpol,  598 peserta Bintara Umum,  39 peserya Bintara TI dan 51 orang peserta Tamtama, pelaksanaan di mulai dari tanggal 15 s.d. 23 Mei 2017, adapun tempat yg digunakan pelaksanaan uji jasmani yg meliputi lari,  pull up,  sit up,  suthel run dan push up di lapangan KONI,  untuk renang di Kolam renang Tepian Ratu Sipin dan Anthropometri dilaksanakan di Lantai 4 aula Mapolda Jambi.

Hasil pelaksanaan dari Uji jasmani tersebut yang memenuhi syarat sebanyak 634 orang terdiri dari 22 orang peserta Akpol, 529 peserta Bintara umum,  36 orang Bintara TI dan 47 orang Tamtama,  sedangkan yang tidak memenuhi syarat sebanyak 78 orang terdiri dari 2 orang peserta Akpol,  69 peserta Bintara Umum,  3 orang peserta Bintara TI dan 4 orang peserta Tamtama, pengumuman kelulusan dilaksanakan dengan sistem One day servis sehingga peserta tidak menunggu lama untuk mengetahui lulus atau tidaknya.

Bagi peserta yang dinyatakan lulus atau Memenuhi syarat sebanyak 634 orang selanjutnya dari mulai tgl 25 Mei s.d. 31 Mei 2017 melaksanakan tahapan seleksi selanjutnya yaitu uji Akademik yang akan di laksanakan di STIKOM DB Jambi dengan menggunakan system Computerisasi yaitu CAT ( Computer Assisted Test) Exam Kemendikmen  serta aplikasi yg digunakan menggunakan sistem UNBK bekerjasama dengan DIKNAS Provinsi Jambi, hal tersebut disampaikan oleh Kabid SMA Diknas Provinsi Jambi H.M. TABRI, S.E selaku Koordinator pembuat soal uji akademik penerimaan anggota Polri T.A. 2017.

Untuk menghindari terjadinya kebocoran ataupun kecurangan dalam pelaksanaan uji akademik DIKNAS Provinsi Jambi selaku Tim pembuat soal dan juga pelaksana aplikasi uji akademik, setiap kegiatan di awasi oleh pengawas Internal dan Eksternal serta server yang digunakan untuk penyimpanan soal di amankan serta di simpan di Bidpropam Polda Jambi , terang Kabagdalpers AKBP ZAINAL ARRAHMAN,  S.I.K.  Selaku sekretariat penerimaan anggota Polri T.A. 2017.

Polda Jambi dalam Rekruitment anggota Polri bukan hanya sekali ini pelaksanaan uji akademik menggunakan aplikasi Computerisasi namun pada penenerimaan sebelumnya tahun 2016 sudah menggunakan aplikasi ini.

IMG-20170524-WA0103

Dalam pelaksanaan uji akademik penerimaan anggota Polri T.A 2017 khusus untuk Bintara Teknologi Informasi yg jumlah peserta 36 orang mengikuti uji kompetensi dibidang komputer dengan pelaksana Bid TI Polda Jambi AKBP SUKOYO selaku ketua Tim uji Kompetensi Bintara TI, dalam pelaksanaan uji kompetensi meliputi beberapa ujian di antaranya Uji tertulis,  wawancara dan praktek jelas Kabid TI.

Adapun penekanan dari Irwasda Polda Jambi selaku ketua Tim Pengawas, jangan sampai ada soal ujian akademik yang bocor karena kita ingin memiliki calon anggota polri yang memiliki kualitas yang baik,  serta setiap ruangan pelaksanaan ujian agar diawasi oleh satu orang pengawas baik eksternal maupun internal untuk menjaga terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,  tutupnya.

IMG-20170524-WA0102

Hal yang sama di sampaikan juga oleh Karo SDM selaku ketua pelaksanan,  kita laksanakan pelaksanaan ujian akademik penerimaan anggota Polri seperti yg diharapkan oleh pimpinan dengan mengacu ke prinsip betah serta dalam satu ruangan ujian akademik di awasi oleh 4 orang terdiri dari 1 orang poktor dari Diknas,  1 orang teknisi dari stikom, 1 orang penanggungjawab ruang ujian dan 1 orang pengawas internal atau ekternal kecuali Tim TI dari mabes polri kita berikan akses khusus untuk mengawasi pelaksanaan uji akademik ini serta kita berdoa semoga pelaksanaan ujian akademik ini berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan / permaslahan apapun hingga akhir pelaksanaan penerimaan anggota Polri tahun ini, tutupnya.

Penulis : Dede

Editor : Umi Fadila

Publish : Indra Gunawan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password