Pemkab Tanggamus dan Provinsi Lampung Gelar Pasar Murah

Tribratanews.polri.go.id – Polres Tanggamus. Mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili, S.Ik., M.Si, Kapolsek Kota Agung AKP Safri Lubis menghadiri bazar atau pasar murah bersubsidi yang digelar Pemerintah Provinsi Lampung dan Kabupaten Tanggamus di Pekon Kagungan Kecamatan Kota Agung Timur, Rabu (24/5/17).

AKP Safri Lubis mengatakan bazar dilaksanakan dalam rangka menyambut Ramadhan 1438 H Tahun 2017 dibuka Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi.M.Pd.I.

Hi. Samsul Hadi, dalam sambutan menyampaikan bahwa pada tahun ini, kegiatan Bazar atau Pasar Murah dilaksanakan di 4 kecamatan yaitu Kecamatan Cukuh Balak, Kotaagung Timur, Pugung dan Air Naningan.

Sambutan Wakil Bupati Tanggamus, Hi. Samsul Hadi, M.Pd.I
Sambutan Wakil Bupati Tanggamus, Hi. Samsul Hadi, M.Pd.I

“Pemerintah memandang sangat perlu diadaknnya Bazar Pasar Murah mengingat pada dasarnya setiap menghadapi bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri harga kebutuhan bahan pokok akan melanjak naik begitu cepat. Oleh karena itu pemerintah berupaya membantu meringankan masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan bahan pokok bulan suci ramadhan dan menghadapi Hari Raya Idul Fitri,dengan cara  memberikan subsidi harga bahan pokok yang diperlukan sehingga barang tersebut dapat terjangkau atau dengan kata lain harga dibawah harga dipasaran” kata Hi. Samsul Hadi dituturkan Kapolsek.

Kabid Perdagangan mewakili Kadis Perdagangan Provinsi Lampung, dalam laporan menjelaskan bahwa maksud dan tujuan diselenggarakannya pasar murah ini sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Provinsi Lampung untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah dalam memenuhi kebutuhan terutama kebutuhan pokok dan barang lainnya dengan harga yang relatif murah/terjangkau atau lebih rendah dari harga dipasaran untuk keperluan harian maupun dalam menyambut bulan puasa Tahun 2017.

Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi, M.Pd.I melakukan pengecekan pasar murah.
Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi, M.Pd.I melakukan pengecekan pasar murah.

“pelaksanaan pasar murah ini merupakan pelaksanaan yang ke 10 dari 40 kecamatan secara keseluruhan ,serta telah menjangkau 6 Kab/kota dari 11 Kab/Kota yang sudah teragendakan” terangnya.

Adapun peserta Pasar Murah berjumlah lebih kurang 25 peserta yang terdiri dari Pabrikan,Produsen,Distributor,UKM Binaan Dinas Perdagangan Kabupaten Tanggamus,selanjutnya Komoditi bahan pokok yang disediakan dalam pasar murah bersubsidi ini antara lain: Beras ,minyak Goreng,tepung terigu,gula pasir,telur,susu,bawang putih,gas elpiji Ukuran 3 Kg serta kebutuhan masyarakat lainnya.

Dilaporkan juga bahwa harga komoditi yang dipasarkan pasar murah ini jauh lebih murah dari harga dipasar, hal ini perkiraan atau dimungkinkan karena harga yg ditetapkan adalah harga distributor dikurangi subsidi pemerintah provinsi Lampung untuk komoditi seperti beras, gula, minyak goreng kemasan, telur ayam ras dan tepung terigu dengan nilai subsidi masing-masing komoditi tersebut sebesar Rp 3000/Kg.

Selanjutnya dalam sambutan Gubernur Lampung yang diwakilkan oleh Bapak Zulfikar, SH.MH, Biro Hukum dan pasar Provinsi Lampung menyampaikan bahwa kegiatan pasar murah merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya yang dilaksanakan di 11 Kabupaten/kota se-Provinsi Lampung. Kegiatan pasar murah diharapkan dapat membantu masyarakat memperoleh bahan kebutuhan pokok dengan harga yang relatif murah dibandingkan dengan harga pasar.

“Melalui kesempatan yang baik ini juga, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak mulai dari jajaran Pemerintah Provinsi Lampung, Pemerintah Kabupaten Tanggamus, Bolog Divre Lampung, General Manager PT. PPI Lampung, pimpinan perusahaan dan pelaku usaha yg telah berpartisipasi dalam kegiatan pasar murah semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat” tutupnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Asisten III Bidang Administrasi Firman Rani,.Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Hj. Af’illah,S.Pd., Camat Kota Agung Timur, Nazaruddin Gustam, MM., Skpd terkait Kabupaten, Forkopimcam serta warga masyarakat Kota Agung Timur dan sekitarnya. (*)

Penulis : N.Muslih / Hms Pemkab
Editor : Umi Fadilah
Publish : N.Muslih Lpg

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password