Bangga, Siswa SMP Negeri 1 Monterado Tampilkan Semangat Bhinneka Tunggal Ika

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar, Polres Bengkayang. SMP Negeri 1 Monterado menggelar acara perpisahan siswa kelas 3 dengan mewajibkan siswanya mengenakan pakaian adat suku dari berbagai macam daerah (23/05/2017).

Acara perpisahan tersebut dihadiri oleh Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Monterado Paran, S.Pd, Kepala Desa Monterado Ewaldus, Kapolsek Monterado yang diwakili oleh Kanit Sabhara BRIPKA Hidayat, Dewan Guru, dan para siswa SMP Negeri 1 Monterado.

Ada yang berbeda dengan SMP Negeri 1 Monterado ini dalam memeriahkan acara perpisahan siswanya tahun ini, tampak seluruh siswa yang hadir di acara tersebut mengenakan pakaian adat suku dari berbagai daerah, hal ini memberikan kemeriahan tersendiri bagi siswa yang hadir.

“Walaupun sibuk karena pagi-pagi sekali kami sudah harus menghias diri dan jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan kami sudah harus mencari baju daerah untuk di pinjam maupun di sewa, tetapi kami senang dan bangga dapat hadir dengan menampilkan pakaian adat suku dari berbagai daerah”. Ungkap salah satu siswa yang mengenakan pakaian adat suku Dayak.

Kepala sekolah SMP Negeri 1 Monterado Ilastri, S,Th menerangkan bawah kegiatan perpisahan ini sengaja dibuat untuk seluruh siswa dan sengaja di buat sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dimana kali ini khusus siswa yang telah selesai mengikuti ujian, diwajibkan untuk mengenakan pakaian adat suku dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Hal ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kepedulian, serta semangat Bhinneka Tunggal Ika pada siswa SMP Negeri 1 Monterado.

Untuk memastikan agar pelaksanaan acara perpisahan yang diselenggarakan di SMP Negeri 1 Monterado berjalan aman dan kondusif maka Kanit Sabhara Polsek Monterado BRIPKA Hidayat didampingi Bhabinkamtibmas Polsek Monterado BRIPKA Suprianus melakukan Pengamanan di lokasi acara berlangsung.

“Acara berlangsung dengan aman, saat acara dimulai sampai acara berakhir siswa juga tertib. Antusias dari siswa mengikuti acara ini juga luar biasa, kami dari Polsek Monterado sangat bangga dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika yang ditujukan para siswa, semoga yang seperti ini dapat menjadi contoh bagi siswa sekolah lainnya”. Ungkap BRIPKA Hidayat usai acara.

Acara perpisahan juga di isi dengan pertunjukan para siswa di depan para undangan yang ada, salah satunya yaitu pertunjukan seni dan hiburan band yang dimainkan dengan sangat baik oleh para siswa SMP Negeri 1 Monterado itu sendiri.

Penulis : Eko Wahyu Sudianto
Editor : Umi Fadillah
Publish : Cucu Safiudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password