Hari Bhayangkara : Jelang Lomba, Dalmas Polres Jembrana Meningkatkan Intensitas Latihan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali – Polres Jembrana – Pada hari Rabu (24/5) pukul 07.00 WITA sebanyak 83 orang personil Dalmas Polres Jembrana melaksanakan kegiatan pemantapan aplikasi latihan Dalmas dalam mengantisipasi unjuk rasa yang dilaksanakan di lapangan pecangakan Kelurahan Pendem-Jembrana. Latihan yang dipimpin oleh Iptu I Putu Indrayasa sebagai Kanit 1 Dalmas ini dilakukan dalam rangka persiapan menghadapi lomba rangkaian Dalmas pada HUT Bayangkara ke-71 pada tanggal 1 Juli 2017 yang sesuai dengan tugas kepolisian dalam bidang kesamaptaan yang meliputi rangkaian lomba yel-yel Polri, beladiri Polri, & aplikasi Dalmas dalam mengantisipasi unjuk rasa masa yang brutal.

Lomba yel-yel disini bertujuan untuk memupuk rasa korsa kebersamaan, kekompakan, & semangat dalam pasukan. Sama halnya dengan rangkaianj gerakan beladiri Polri yang meliputi serangkaian bentuk gerakan-gerakan dasar pukulan, tendangan, tangkisan, & cara membawa tahanan, hal itu bertujuan untuk membentuk karakter setiap personil Polri tangguh, sigap, & tanggap terhadap segala kemungkinan kejadian-kejadian/tindak kejahatan di lapangan & bisa menyelesaikan segala permasalahan dengan tuntas dalam mengemban tugas yang semakin hari akan semakin berat untuk kedepannya.

Terakhir, aplikasi Dalmas dalam mengantisipasi unjuk rasa terhadap masa yang brutal & anarkis ini merupakan serangkaian gerakan pasukan yang dilakukan dengan instruksi komando dalam pleton. Rangkaian gerakan yang akan dilombakan meliputi rangkaian Dalmas awal yang terdiri dari sikap pokok, sikap siaga, sikap tangan berkait, rentangkan tali Dalmas, & desak maju/dorong maju. Selanjutnya dilanjutkan dengan rangkaian gerakan Dalmas lanjut yang terdiri dari serangkaian gerakan pakai perlengkapan, tongkat samping, sikap siaga, desak maju/dorong maju, & formasi berlindung. Serangkain gerakan tersebut digunakan untuk mendesak/mendorong masa yang brutal & anarkis agar kegiatan unjuk rasa/demonstrasi dapat dibubarkan & dapat memulihkan situasi & kondisi kembali aman seperti semula.

Sementara ini latihan dalmas Polres Jembrana sedang berlangsung dengan penuh semangat.

Penulis : Putu Yudha
Editor : Umi Fadillah
Publish : Putu Yudha

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password