Turut Semarakkan HUT Kodam XIV Hasanuddin ke-60, Kapolda Sulsel Tanam Pohon Lontara di Lapangan Kodam

Tribratanews.polri.go.id – Makassar Sulsel, Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono turut menyemarakkan agenda HUT Kodam XIV Hasanuddin ke-60 dengan penanaman serentak pohon Lontara di seluruh wilayah Kodam XIV/Hasanuddin.

Bersama unsur Forkopimda Sulsel, Kapolda Sulsel menanam bibit pohon lontara di pelataran lapangan Kodam XIV Hasanuddin, Rabu (24/5/17).

Kurang lebih 14.406 pohon akan ditanam di seluruh wilayah Kodam XIV/Hasanuddin Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara.

“Filosofi Pohon Lontara wajib ada dalam diri setiap Bhayangkara, bukan hanya prajurit TNI, mari bersama jaga keutuhan NKRI,” Ujar Muktiono.

20.000 bibit pohon Lontara serentak ditanam seluruh jajaran Kodam XIV Hasanuddin, beberapa kegiatan sosial juga berlangsung di beberapa wilayah seperti bakti sosial.

Sementara itu Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti menuturkan bahwa penanaman pohon Lontara secara masif yaitu satu Prajurit satu pohon Lontara, selain membantu program pemerintah dalam kearifan lokal dan identitas Daerah, termasuk melestarikan pohon Lontara, juga sebagai penghijauan dilahan satuan jajaran Kodam XIV/Hasanuddin.

“Tak kalah pentingnya, merupakan sarana perekat hubungan batin Prajurit dengan rakyat,” ucap Mayjen TNI Agus Surya Bakti.

Siwalan yang juga dikenal dengan nama pohon Lontara atau Tal (Borassus Fla Bellifer) adalah sejenis palma yang tumbuh di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Pohon ini menjadi flora identitas Provinsi Sulawesi Selatan, termasuk secara filosofi telah menjadi simbol atau lambang Kodam XIV/Hasanuddin.

Pohon Lontara banyak dimanfaatkan daunnya, batangnya, buah hingga bunganya untuk membuat gula aren, jaman dulu daun lontara digunakan sebagai media penulisan naskah.

Penulis : Abu Uwais

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password